Gubernur Arinal Hadiri Rakor Mayor Project

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi menghadiri rapat koordinasi penajaman rencana Proyek Prioritas Strategi (Mayor Project) yang akan dilaksanakan di daerah tahun 2022 bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) secara virtual meeting di Diskominfotik Provinsi Lampung, Selasa (23/2).

“Ya, Normatif. Ini rakor gubernur se-Indonesia, tetapi hari ini untuk wilayah Sumatera, oleh karena itu diberikan kesempatan agar kita bisa menyampaikan hal-hal yang sangat strategis dalam usulan-usulan kedepan,” kata Arinal saat dimintai keterangan usai mengikuti rapat tersebut.

Bacaan Lainnya




Lanjutnya, ia telah menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi prioritas. karena apabila dibangun maka akan berdampak terkait dengan tumbuhnya ekonomi, kemudian dari sisi keamanan, kenyamanan dan konektivitas antar kabupaten, bahkan bisa masuk ke wilayah antar provinsi.

“Dan itu kita sudah diminta oleh kementerian ke Jakarta,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan juga menambahkan atas permintaan Bappenas terkait prioritas untuk kegiatan pembangunan tahun 2022 di Provinsi Lampung tentunya mendukung dengan prioritas nasional, isu nasional adalah pemulihan ekonomi itu yang menjadi pertumbuhan ekonomi restrukturisasi birokrasi, terkait dengan pandemi Covid-19 ini memang perlu adanya pemulihan di bidang kesehatan, pendidikan.

“Nah, Dari situ daerah membangun sinerginya dengan mengusulkan program daerah yang bersinergi dengan nasional,” ungkapnya.

Seperti dari sektor jalan kemudian dari air minum, infrastruktur, terus perumahan kemudian dari sektor pengembangan Food estate.

Intinya nanti adalah untuk mendukung sinergi antara program nasional RKP tahun 2022 nasional disinergikan dengan daerah. 

Dan terkait hal tersebut sudah disampaikan dan diusulkan oleh Gubernur seperti jalan,air bersih, perumahan, kereta api, dan beberapa yang sangat penting menyangkut kelangsungan hidup masyarakat.

“Pembangunan itu bersinergi, jadi ada pemusatan program, sekarang Pemerintah Pusat kondisi keuangan sedang mengalami konstret terbatas, sama daerah kita juga ada refocusing, tapi ada penguatan sinergi bisa mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan, di tengah keterbatasan tersebut,”

Ia juga menyampaikan spesialis Gubernur Lampung mendapatkan undangan dari Kementerian beberapa program menjadi konfirmasi oleh menteri .

“Dalam tempo dekat akan berangkat untuk undangan tersebut saat ini sedang diagendakan,” tutupnya. (ded/mlo)


Pos terkait