Gubernur Diskusi KPB, Minta Daerah Tingkatkan Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dialog Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi menyapa desa dalam rangka sosialisasi program kartu petani berjaya (KPB) kepada pemerintah kabupaten/kota dan desa secara virtual di Mahan agung, Bandarlampung, Kamis (28/1).

Dalam sambutanya Gubernur Arinal mengatakan sangat berbahagia bisa bersama-sama pemerintah kabupaten/kota dan desa dalam dialog secara virtual sosialisasi kartu petani berjaya walaupun di tengah masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Tetap berjuang agar bisa dilakukan pengendalian dengan baik, saya yakin Allah tidak memberikan cobaan kepada umat di luar kemampuanya,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan walaupun tengah pandemi secara nasional ekonomi menurun, namun disisi pertanian ekonomi Lampung khususnya padi secara nasional tinggi. Para petani mampu bekerja sama mampu berekstra kerasa.

“Saya juga berharap kepada bupati turun kelapangan mengecek para petani. Bekerja secara ekstra untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal,” imbuhnya.

Lanjut dia, pemanfaatan areal pertanian diharapkan bisa 100 %. 

Dalam konteks dengan program smart village ini juga sangatlah terintegrasi dan berkesinambungan. Dirinya berharap prestasi daerah untuk menjaga ketahanan pangan. 

Ia juga mengatakan terkait dengan infrastruktur jalan Provinsi akan terus diperbaiki dan akan menargetkan di tahun 2022.

“Insyaallah bisa berjalan apabila infrastruktur bisa terselesaikan . Kebutuhan akan baik dan terpenuhi,” ungkapnya.

Gubernur Arinal juga mengatakan untuk petani Padi, Kopi, sawit dan lainnya sama-sama mencari solusi untuk terus ditingkatkan. 

“Potensi Lampung barat akan kita berikan solusi. Bapak Menteri Perekonomian siap menghadirkan investor untuk meningkatkan harga kopi, Lampung juga merupakan peternak sapi mudah mudah ternak kita menjadi lumbung ternak nasional,” ungkapnya.

Ia juga berharap KPB benar benar dapat maksimal dan langsung berkolaborasi dengan perbankan.

“Kepada bupati dan para kadis supaya memaksimalkan KPB ini. Karena KPB itu bisa langsung didapatkan dengan berkorelasinya kepada pihak perbankan,” harapannya. 

Sebelum menjadi anggota KPB ia juga berharap bisa mencatatkan data semua petani. Seperti petani mempunyai lahan dan usaha tani yang berkelakuan baik atau tidak, semua akan diselektif.

Karena harapannya Lampung maju, sehingga bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan. 

“Dalam masa kepemimpinan saya, saya akan berupaya kepada para petani untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani. KPB ini juga merupakan solusi penerapan teknologi dan KPB ini jika efektif maka pemerintahan secara nasional bisa mengikuti KPB milik Provinsi Lampung ini. Demi Allah KPB ini tidak ada konteksnya dengan politik dan untuk masyarakat Lampung berjaya, ” kata Arinal.

Selanjutnya, Bupati Lampung Barat menyampaikan laporan bahwasanya kopi dan Padi di Lampung Barat cukup meningkat namun ia berharap suplai pupuk untuk lebih ditingkatkan.

Kemudian ia meminta ruas jalan Provinsi yang menghubungkan Sukabumi -Suoh untuk diperbaiki secepatnya guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Parosil juga mengatakan bahwasannya di Lampung Barat ada sekolah kopi.

“Dengan adanya Sekolah kopi untuk menambah Sumber daya manusia untuk menciptakan keragaman home industri dan sebagainya. Harapannya bapak gubernur dapat mendukung itu semua,” tutupnya.

Acara Kemudian berlanjut diskusi ke pemerintah kabupaten lainnya. (ded/mlo)


Pos terkait