Gubernur Minta Terus Gelorakan Semangat K3

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi minta terus digelorakannya semangat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada semua sektor usaha meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sesuai dengan amanat Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, pada pencanangan bulan K3 tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Pesan dan semangat dari Gubernur itu disampaikan Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, saat memimpin Apel Pencanangan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 dengan tema “Penguatan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha” di Balai Keratun Lantai tiga, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis (28/1). 

Pencanangan bulan K3 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dilanjutkan penyerahan bendera pataka K3 kepada unsur pemerintah, unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia dan unsur serikat pekerja. 

“Kondisi pandemi ini jangan menurunkan semangat kita untuk terus menerus menggelorakan pentingnya menerapkan K3 di tempat kerja kita masing-masing,” ujar Fahrizal saat membacakan amanat Menaker.

Fahrizal mengatakan jika dalam penanggulangan covid-19 dikenal istilah 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan). Namun, dalam pelaksanaan K3 ada istilah 3N. 

“Yaitu Nihil Kecelakaan Kerja, Nihil Pelanggaran Norma K3, dan Nihil Penindakan Hukum K3,” katanya. 

Menurutnya, di tengah upaya pemerintah untuk memperluas lapangan kerja dan membangkitkan kembali dunia usaha di masa adaptasi kebiasaan baru ini, integritas semua pemangku sangat diperlukan. 

“Profesionalisme dan integritas semua pemangku kepentingan merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” katanya. 


Pos terkait