Gubernur Pastikan Simpul Transportasi Patuhi Prokes Jelang Idul Fitri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi kunjungi stasiun Kereta Api Tanjungkarang memastikan kesiapan stasiun dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat mudik hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Selasa (4/5).

“Ya ini persiapan mudik walaupun kita tahu sudah jelas pengendalian, pembatasan, atau larangan mudik itu sudah akan berlaku. Namun bagaimanapun juga tradisi mudik sudah menjadi budaya ratusan tahun yang lalu,” ungkap Gubernur Arinal saat dimintai keterangan.

Bacaan Lainnya

Ia juga mengatakan Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera harus memiliki strategi dalam pengendalian persebaran Covid-19.

“Lampung termasuk 10 Provinsi yang peningkatan nya cukup besar. Mudik boleh tetapi gunakan protokol Kesehatan dan rapid PCR dan antigen. Itu harus sudah dilakukan tidak papa keluar uang tetapi sehat,” jelasnya.

Gubernur juga mengingatkan untuk simpul transportasi diwajibkan menerapkan Prokes yang ketat. Jika tidak  Simpul transportasi yang tidak menerapkan protokol kesehatan maka akan mendapatkan teguran dari satgas Covid-19.

“Ini kita lihat bagaimana tata kelola dan manajemen kereta api mematuhi apa yang saya sampaikan atau tidak. Jika tidak akan saya tegur. Ini kita lihat sudah cukup patuh tapi sebaiknya satu tempat duduk satu orang tetapi jika satu keluarga dan sudah bawa surat negatif Covid-19 ya tidak papa,” katanya.

Lanjutnya, Untuk mudik lokal atau mudik antar Kabupaten masih dapat ditoleransi. Namun masyarakat harus membuktikan bahwa dirinya sehat dan negatif Covid-19.

“Mudik lokal karena sifatnya masyarakat yang sudah memahami dan menguasai di wilayah masing-masing yang paling penting yang bersangkutan bisa memberikan keterangan bahwa dia negatif Covid-19,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait