Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung Gunakan Alat Rapid Test Merek Wondfo

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, dr. Reihana mengatakan saat ini Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, dalam melakukan screening awal untuk mendeteksi kemungkinan infeksi Covid-19 dalam tubuh, menggunakan alat rapid test merk Wondfo.

Menurut Reihana, sampai saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung tidak menggunakan alat rapid test dengan merk Biozek.

Bacaan Lainnya



Alat yang digunakan Provinsi Lampung merk Wondfo, sebagaimana yang direkomendasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Alat yang kita gunakan saat ini sesuai yang direkomendasikan BNPB, yaitu merk Wondfo,” kata Reihana saat menjelaskan update data Covid-19 di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Senin (11/5).

Rapid test merk Wondfo tersebut menguji antibodi SARS-CoV-2, Immunoglobulin G (IgG) dan Immunoglobulin M (IgM) yang terdapat pada sample darah.

Ketika sample darah masuk, antibodi IgG atau IgM yang terdapat dalam darah akan bereaksi dan menimbulkan warna pada rapid test. “Metode ini disebut Lateral Flow Assay,” tutupnya. (ded/mlo)



Pos terkait