Gulirkan Bantuan 150 Ekor Kambing, Disbunnak Lakukan CPCL

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat, masih melakukan pengecekan Calon Penerima dan Calon Lokasi (CPCL) terkait dengan program bantuan indukan ternak kambing bagi kelompok tani (Poktan) tahun anggaran 2020.

Kabid Peternakan Al Ma’arif mengatakan, tahun ini pihaknya mengalokasikan untuk sepuluh Poktan di kabupaten setempat, dengan masing-masing akan menerima sebanyak 15 ekor, 14 diantaranya betina dan satu ekor jantan.

Bacaan Lainnya



“Saat ini kami melakukan CPCL, sehingga belum ditetapkan kelompok mana saja yang akan menerima bantuan tersebut, CPCL ini penting dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan dan keseriusan dari Poktan yang akan menerima,” ungkap Al Ma’arif mendampingi Kadisbunnak Lambar Agustanto Basmar.

Dikatakannya, jumlah Poktan yang dilakukan pengecekan CPCL saat ini sebanyak 35 Poktan hanya saja jumlah tersebut masih memungkinkan bertambah, mengingat masih adanya Poktan yang mengajukan.

“Dari hasil sementara banyak ditemukan proposal yang kadaluarsa, karena itu pentingnya pengecekan CPCL dilakukan, karena jangan sampai kita menggulirkan bantuan tidak tepat sasaran atau tidak berkembang sebagaimana kita harapkan,” kata dia.

Untuk realisasi dari bantuan tersebut, kata dia, diperkirakan pada bulan April mendatang, dan tentunya menunggu proses lelang dan pelaksanaan oleh rekanan mengingat pengadaan 150 ekor kambing tersebut melalui pengadaan umum.

Ia melanjutkan, salah satu Poktan penerima bantuan yang telah berhasil dan telah mampu mengembangkan penernakan kambing hingga menjadi salah satu sumber pendapatan kelompoknya yakni Poktan yang diketuai Kasim di Kelurahan Sekincau.

“Mereka sudah berhasil melakukan budidaya dan sebelumnya mereka juga mendapatkan bantuan hibah kambing dari pemerintah daerah,” bebernya. (nop/mlo)



Pos terkait