Gunungkemala Timur Bangun Infrastruktur-Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan pembangunan hingga kini terus dilaksanakan oleh seluruh pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), pembangunan yang dilaksanakan bersumber dari anggaran dana desa (DD) yang diterima pekon setiap tahunnya.

Meski di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pekon Gunungkemala Timur, Kecamatan Waykrui tetap memaksimalkan pembangunan melalui anggaran DD tahun ini, sejumlah kegiatan dilaksanakan baik pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat hingga penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya


Peratin Gunungkemala Edison Surya, S.Ip., mengatakan pada tahun ini anggaran pendapatan pekon mencapai Rp1.231.730.000 yang bersumber dari sejumlah bidang pendapatan seperti anggaran dana desa, alokasi dana desa dan dana bagi hasil pajak dan retribusi.

“Anggaran pendapatan tersebut digunakan untuk menunjang sejumlah kegiatan pekon, mulai dari pembangunan sarana infrastruktur, pemberdayaan masyarakat hingga penanganan wabah Covid-19,” kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan pembangunan yang pihaknya laksanakan pada tahun ini seperti pelaksanaan normalisasi drainase induk di lingkungan Pemangku Usangjaya sampai pemangku ulok bamban, Pembangunan dua titik sarana air bersih masyarakat.

“Selain itu kita juga menyalurkan bantuan langsung tunai yang bersumber dari DD, Pembangunan drainase di pemangku ketapang, pelaksanaan penanganan Covid-19 seperti penyemprotan desinfektan secara rutin hingga pembagian masker kepada warga,” jelasnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada tahun ini, bisa berdampak langsung untuk masyarakat, seperti halnya dengan normalisasi saluran drainase yang diharapkan dapat berfungsi maksimal sehingga lingkungan warga tidak tergenang saat terjadi hujan.

“Dengan adanya anggaran DD, kita juga bisa lebih maksimal dalam melaksanakan penanganan wabah Covid-19 di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, keberadaan anggaran DD yang diterima setiap tahunnya sangat berdampak bagi masyarakat, karena itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat terus berjalan guna pemerataan pembangunan di pekon tersebut.

“Pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat terus kita upayakan, dengan begitu semua fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat bisa terpenuhi setiap tahunnya,” pungkasnya. (ygi/adv/mlo)




Pos terkait