Gunungterang-Sukadamai Laksanakan Musrenbang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Giliran Pekon Gunungterang dan Sukadamai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) pekon.

Kegiatan tersebut digelar dengan memanfaatkan waktu luang di penghujung tahun, dengan dipimpin langsung oleh Camat Domi Nopalisa Utama Paizul, S.S.Tp, M.Si., dan di Pekon Gunungterang dipimpin Sekcam Airhitam Fitry Aydi, S.Sos.

Bacaan Lainnya



“Sebetulnya murenbang pekon ini dilaksanakan diawal tahun 2020. Namun karena di penghujung Desember ini waktu luang, maka kami manfaatkan untuk melaksanakan musrenbang pekon sebagai lanjutan dari musyawarah tingkat dusun (pemnagku) sehingga awal 2020 mendatang tinggal menunggu pelaksanaan Musrenbang kecamatan,” tegas Peratin Mahumuddin.

Dijelaskannya pada musrenbang yang juga dihadiri jajaran Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) dinas instansi, Babinsa dan Babinkantibmas, serta sekolahan ialah upaya menyerap aspirasi masyarakat,  terkait usulan pembangunan seperti melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) notabene realisasi 2021, maupun pembahasan terkait APB-Pekon 2020.

Terus dia, tentunya apa yang dihasilkan dalam musrembang itu, terserap atas dasar usulan langsung dari masyarakat, sehingga dengan begitu tinggal pekon bersama masyarakat dan Lembaga Hippun Pemekonan (LHP) menentukan skala rpioritas usulan seperti yang akan diajukan melalui APBD kabupaten.

Begitu juga yang nanti akan dilaksanakan memangunakan APBPekon yang sediannya memang sudah ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) dan terkemas lagi dalam Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) Pekon TA 2020.

Pada kesempatan itu Mahmuddin menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta musrenbang baik dari jajaran pemerintahan, maupun unsur masyarakat sesuai dengan perwakilan masing-masing yang telah hadir dengan animo tinggi dalam acara itu.

“Pembangunan dan kewajiban membangun pekon adalah tanggung jawab bersama. Dan untuk mengawal kebersamaan itu salah satunya dengan kekompakan dan persatuan seperti ini,” ujarnya.

Sementara Peratin Sukadamai, Hendry Setiawan mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan masih menjadi prioritas pembangunan dipekon itu baik melalui APBD maupun APBDes.

“Jika nanti usulan kepada pemerintah kabupaten telah terangkum, peran kami tinggal mengajukan dan kendali kelayakan pembangunan berada ditangan pemkab,” tutupnya. (ius/hrs/mlo)



Pos terkait