Guru-Penyuluh Harus Jadi Contoh Bagi Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Guru garis depan (GGD) dan penyuluh pertanian di Kabupaten Lambar harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Akmal Abdul Nasir pada saat acara pengambilan sumpah dan janji ASN di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda, Selasa (19/11)

“Guru ini langsung bersentuhan dengan warga termasuk juga penyuluh jadi harus menjadi contoh bagi masyarakat. Guru adalah penerang dan pemberi cahaya, jadi sekecil apapun itu guru harus mengetahui semuanya termasuk cara berpakaian juga harus diperhatikan,” kata dia.

Bacaan Lainnya



Guru dan penyuluh pertanian yang diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) harus bersyukur  dan bersyukur dalam artian bekerjalah dengan sebaik mungkin karena banyak saudara dan teman yang menjadi PNS tapi belum bisa. “Kita harus bersyukur dengan cara bekerja dengan baik serta menaati seluruh aturan yang ada. Insya Allah dengan kita bersyukur maka apa yang kita kerjakan akan membuahkan hasil yang maksimal. Kita sebagai PNS harus mengimbang-imbangi penghasilan kita karena kalau kebutuhan lebih besar maka itu akan merusak kita,” ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, guru juga harus menguasai ilmu teknologi (IT) dan anak-anak muridnya harus diawasi terlebih jaman sekarang anak-anak lebih pintar menggunakan handphone dibanding orang dewasa. Jadi pengawasan anak ini bukan hanya tanggungjawab orang tua, keluarga  tapi juga dewan guru yang ada di sekolah juga diharapkan untuk ikut serta mengawasi anak-anak ketika berada di lingkungan sekolah

“Dulu banyak guru datang terlambat ke sekolah namun pulangnya duluan tapi mudah-mudahan sekarang tidak ada lagi guru yang demikian. Status guru garis depan harus dijaga karena ruhnya pemerintah pusat. Ketika kita menjalankan tugas harus dijaga betul karena apabila kita melaksanakan tugas dengan baik maka kita ikut mensukseskan program pemerintah pusat. Harapan saya para guru harus konsekuen untuk mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Akmal. (lus/mlo)



Pos terkait