Hadapi Lomba Tingkat Provinsi, Perpustakaan Puska Mandiri Puramekar Lakukan Persiapan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Peratin Puramekar, Kecamatan Gedungsurian Anderi pimpin kegiatan gotong royong, penataan taman baca bersama aparat pekon dan pengelola Perpustakaan Puska Mandiri Puramekar, Selasa (15/6).

Seperti diketahui Pekon Puramekar, menjadi perwakilan Kabupaten Lampung Barat lomba perpustakaan desa tingkat Provinsi Lampung 2021. 

Bacaan Lainnya

Keterwakilan Perpustakaan Puska Mandiri Puramekar mewakili Kabupaten Lambar tak lain berkat keseriusan dan keberhasilan pengelola Perpustakaan Puska Puramekar dalam membangun perpustakaan pekon, sejalan dengan upaya Pemkab Lambar dalam mewujudkan sebagai Kabupaten Literasi. 

Maka untuk memberikan kesiapan dalam penilaian pihak pekon dan pengelola perpustakaan pekon mulai melakukan berbagai persiapan, seperti membangun taman baca yang di dalamnya ada permainan anak, seperti ayunan, serta memperbanyak taman bunga serta pembuatan area berfoto. Maupun perbaikan pondok baca dan pemasangan lampu.

“Penilaian secara online (instrument) sudah dikirim, dan sekarang tinggal menunggu penilaian langsung oleh tim juri Provinsi Lampung yang jadwalnya 28 Juni hingga pertengahan Juli,” terang pengelola perpustakaan puska mandiri Pekon Puramekar Novi Wulandari. 

Disampaikan Novi saat ini di perpustakaan Puska Mandiri sudah ada 2500 eksemplar buku, yang didapat dari pembelian pekon melalui Anggaran Dana Desa (ADD), dan hibah dari Perpustakaan Daerah dan masyarakat. 

Dalam hal pembangunan perpustakaan pekon Novi berharap kepada masyarakat khususnya di Pekon Purakmear, dan Kecamatan Gedungsurian, dapat membantu donasi buku, supaya koleksi buku bacaan yang merupakan gerbang informasi dunia, akan lebih lengkap sehingga pengunjung lebih banyak dan tidak bosan dalam membaca karena adanya taman dan sport foto. 

“Semua fasilitas yang kami sediakan untuk menarik minat baca masyarakat luas,” jelasnya. 

Dan kepada pemerintah, Novi berharap kembali mendonasikan buku dan fasilitas pendukung lainnya seperti rak buku, meja baca dan lain-lain. 

Terpisah Peratin Puramekar Anderi berharap masyarakat bisa memanfaatkan Perpustakaan Pekon Puska Mandiri Puramekar, Yang bukan untuk membaca saja melainkan kegiatan pelatihan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan wawasan dan kapasitas. 

Dan terkait keterwakilan dalam lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Anderi jelas berharap apa yang sudah dijalankan selama ini menuai hasil yang baik dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi. (r1n/mlo)




Pos terkait