Hadiri Peringatan HPSN Bupati Ajak Gerakan Sodakoh Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari, yang diselenggarakan oleh Kecamatan Sumberjaya, Minggu (21/2).

Dalam peringatan itu, tagline ‘Peduli Sampah Dengan Gerakan Sodakoh Sampah’ Bupati secara simbolis menyerahkan sedekah sampah kepada Camat Ernawati, S.E., kemudian meninjau lokasi pengolahan sampah milik pihak ketiga yang menjadi mitra pekon dan kelurahan.

Bacaan Lainnya

Bupati menghadiri memberikan arahan dan secara simbolis menyerahkan sedekah sampah dari bupati ke camat, dan meninjau tempat pengelolaan sampah. 

Parosil sangat mengapresiasi atas inisiatif Kecamatan Sumberjaya dalam meminimalisir keberadaan sampah menjadi upaya yang menghasilkan. 

Bahkan pihaknya berharap mudah-mudahan dengan adanya gerakan sedekah sampah yang diinisiasi camat, peratin, lurah dan masyarakat peduli sampah Sumberjaya tersebut akan menjadi salah satu motivasi bagi masyarakat Kabupaten Lambar untuk tidak buang sampah sembarangan. Dan untuk didaur ulang menjadi hal yang lebih bermanfaat. 

Sementara disampaikan Ernawati, kegiatan tersebut menjadi kegiatan berkelanjutan atau bukan sekedar seremonial semata. Dan semua unsur pemerintahan dan masyarakat dapat mendukung kegiatan ini.

Disebutkan Erna, munculnya inisiatifnya, melakukan gerakan ‘Peduli Sampah Dengan Gerakan Sodakoh Sampah’ itu. Sebagai tindak lanjut dan tanggapan sekaligus respon pemerintah khususnya. Lantaran kegiatan peduli sampah itu, mulai dilaksanakan di beberapa titik masyarakat di Kecamatan Sumberjaya, seperti oleh pengurus Masjid Nurul Huda, Kelurahan Tugusari. 

“Setelah saya mengetahui gerakan tersebut, saya berfikir kenapa tidak untuk dikembangkan menjadi gerakan seluruh pekon di Kecamatan Sumberjaya ini. Karena itu saya berkoordinasi dengan seluruh peratin dan lurah dan masing-masing sangat mendukung,” terang Erna. 

Sehingga atas kesepakatan tersebut, pekon dan kelurahan memiliki kewenangan seperti apa teknis masing-masing, apakah melibatkan pengurus masjid, PKK atau organisasi yang ada masing-masing dalam hal penanganan sampah menjadi upaya menghasilkan. 

“Dana yang berhasil diperoleh atau terkumpul dari Sodakoh Sampah tersebut, dikembalikan ke kelurahan dan pekon masing-masing untuk kegiatan sosial keagamaan atau masyarakat,” jelas Erna. 

Dalam peringatan HPSN yang dihadiri orang nomor wahid di Kabupaten Lambar itu, dilaksanakan beberapa kegiatan penguatan komitmen, seperti Penandatangan komitmen bersama, Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak ke III (pengepul sampah) H. Toil Ansori dengan seluruh Peratin dan Lurah, Kecamatan Sumberjaya.

Terpisah disampaikan Peratin Waypetai Sutan Sahril, di hari peringatan itu, pihak pekon mengajak masyarakat untuk bersedekah sampah sebagaimana komitmen. Dan hasilnya disedekahkan kepada Pengurus Masjid Miftahul Huda di Pemangku 6 Jaditwangi, yang sedang melaksanakan pembangunan masjid. (r1n/mlo)




Pos terkait