Halau Kawanan Gajah, BB-TNBBS Turunkan Personel dan Peralatan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id- Untuk menghalau gajah liar yang kini masih berada di sekitar areal perkebunan warga di Talang Petang di Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat.

Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) telah menurunkan sejumlah personel untuk bergabung bersama TNI- Polri, aparat pekon dan masyarakat. Selain personel, BB-TNBBS juga melengkapi sejumlah peralatan.

Bacaan Lainnya



Kabid Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Amri S.H, M.Hum, mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim serta sejumlah peralatan untuk menghalau kawanan gajah tersebut agar segera kembali memasuki kawasan TNBBS.

“Saat ini tim di lapangan sedang berupaya melakukan penghalauan, dari informasi terakhir kawanan gajah tersebut masih berada di sekitar areal perkebunan warga, upaya penghalauan dilakukan dengan menggunakan petasan agar gajah-gajah itu takut dan menjauh dari perkebunan,” terangnya.

Dengan upaya yang dilakukan saat ini, pihaknya berharap dapat segera berhasil sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dengan tenang.

“Semoga upaya tim di lapangan secepatnya berhasil, sehingga masyarakat tidak was-was lagi untuk beraktivitas, namun untuk sementara ini kami mengimbau warga dilokasi agar waspada dan secepatnya menjauhi apabila melihat kawanan gajah tersebut,” pintanya.

Diketahui, sebelumnya dua ekor gajah kembali memasuki areal perkebunan warga. Jika sebelumnya   merusak perkebunan dan memasuki pemukiman warga di Talang Bijak dan Teluk Tuba. Kali ini, salah satu habitat yang dilindungi tersebut memasuki areal perkebunan di Pemangku Way Kelahok, tepatnya di Talang Petang, Sabtu (11/7) sekitar pukul 22:00 WIB.

“Ada sekitar dua ekor gajah yang terlihat di Pemangku Way Kelahok. Warga masih ada di lokasi untuk sementara belum mengungsi,” kata Andi Pitrian, aparatur pekon setempat.

Selain itu, kata dia, sejumlah personel kepolisian, Polisi Kehutanan, BKSDA, Peratin Kagungan serta sejumlah masyarakat masih berjaga-jaga di lokasi guna mengantisipasi kawanan gajah tersebut tidak memasuki pemukiman warga.

“Saat ini tim gabungan masih berjaga-jaga di lokasi, belum ada upaya penghalauan karena masih menunggu sejumlah peralatan, mungkin tibanya besok,” imbuhnya.(edi/mlo)



Pos terkait