Hanya Dihadiri 15 Aleg, DPRD Pesbar Gelar Paripurna Usulan Pemberhentian Agus-Erlina

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rapat paripurna usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) masa jabatan 2016-2021, yang digelar di ruang rapat DPRD Pesbar, Rabu (10/2) hanya dihadiri 15 dari 25 anggota DPRD setempat.

Paripurna dipimpin ketua DPRD Pesbar Nazrul Arif, didampingi Wakil ketua I DPRD Pesbar Piddinuri, dihadiri langsung Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Wakil Bupati Erlina, S.P, M.H., sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat serta unsur forkopimda dan undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, ketua DPRD Pesbar, Nazrul Arif, menyampaikan bahwa sesuai amanat pasal 154 ayat (1) huruf e Undang-Undang No.23/214 jo Pasal 23 huruf e Peraturan Pemerintah No.12/2018, dimana salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentiannya.

“Selain itu juga, sesuai dengan ketentuan Pasal 78 ayat (2) huruf a UU no.23/2014, menyatakan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya,” katanya.

Selanjutnya, dalam Pasal 79 ayat (1) dijelaskan juga bahwa mekanisme pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Mendagri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapat penetapan pemberhentiannya.

Diketahui, berdasarkan keputusan Mendagri No.131.18-583 tahun 2016 tentang pengangkatan bupati Pesbar Provinsi Lampung mengesahkan pengangkatan Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal, S.H, M.H., dan Erlina, S.P, M.H., sebagai bupati dan wakil bupati Pesbar periode 2016-2021.

“Mengacu dari hal tersebut, maka DPRD Pesbar mengumumkan dalam sidang paripurna tentang usulan pemberhentian bupati dan wakil bupati Pesbar karena berakhir masa jabatannya,” jelasnya.(yan/mlo)




Pos terkait