Hanya Satu Pekon yang Masuk Zona Merah Covid-19 di Pesbar

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km., S.H, M.M.

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali memperbaharui perkembangan zona penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di kabupaten setempat.

Berdasarkan update data terbaru zona penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar, terdapat perubahan zona pada seluruh kecamatan dan pekon di kabupaten setempat yang menunjukkan kondisi penyebaran Covid-19 mulai membaik.

Bacaan Lainnya

Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengatakan dalam pembaharuan zona penyebaran Covid-19 di 11 kecamatan, tidak ada lagi kecamatan yang berstatus zona merah.

“Sekarang tidak ada lagi kecamatan yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19, tapi sebagian besar masih berada di zona orange, walau ada juga yang masuk zona kuning dan zona hijau,” kata dia.

Dijelaskannya, dari 11 kecamatan, terdapat delapan kecamatan berstatus zona orange seperti Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Karyapenggawa, Pesisir Tengah, Krui Selatan, Ngambur, Ngaras dan Bangkunat.

“Sedangkan Kecamatan yang masuk zona kuning hanya Kecamatan Waykrui dan Kecamatan Pesisir Selatan dan satu-satunya kecamatan yang masih bertahan dengan zona hijau adalah Kecamatan Pulau Pisang,” jelasnya.

Sementara itu, dari 116 pekon dan dua kelurahan di Kabupaten Pesbar, saat ini hanya Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras yang berstatus zona merah, sedangkan 79 pekon masuk zona hijau, 29 pekon masuk zona kuning, dan sembilan pekon zona orange.

“Selain itu, dari 116 pekon dan dua kelurahan itu, tercatat kasus positif aktif Covid-19 tersebar di 39 pekon, itu artinya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar saat ini mulai mengalami penurunan,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar, saat ini Dinkes Pesbar melalui seluruh Puskesmas memaksimalkan pelaksanaan testing, tracing dan treatment (3T) agar semua yang terkonfirmasi Covid-19 bisa terdata dengan baik dan akurat.

“Kita masih terus menggencarkan 3T kepada masyarakat yang pernah kontak erat, kita juga minta masyarakat turut membantu upaya mencegah laju penularan virus corona dengan mendukung strategi 3T ini, khususnya di wilayah yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait