Harga Empat Jenis BBM Turun

  • Whatsapp

Medialampung.co.id PT. Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi yakni Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite, seperti di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai pukul 00.00 WIB, Minggu (5/1).

Pengawas SPBU 24-348-118 Bangun Negara, Arif Sentosa, mengatakan penurunan harga BBM sesuai Keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) No.187K/10/MEM/2019 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM umum jenis bensin dan minyak solar yang disalurkan melalui SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN).

Bacaan Lainnya


“Untuk harga Pertamax semula Rp10.050,-/liter menjadi Rp9.400,-/liter. Pertamax Turbo dari Rp11.400,-/liter menjadi Rp10.100,-/liter. Kemudian, Pertamina Dex menjadi Rp10.450,-/liter dari sebelumnya Rp11. 950,-/liter, serta Dexlite semula Rp10.400,-/liter menjadi Rp9.700,-/liter,” katanya.

Sementara itu, untuk harga BBM jenis Pertalite masih Rp7.850,-/liter, selain itu Premium juga masih Rp6.450,-/liter, dan Bio Solar tetap Rp5.150.-/liter. Meski mengalami penurunan harga BBM non subsidi dari berbagai jenis itu hingga kini pelayanan di SPBU Bangun Negara Kecamatan Pesisir Selatan masih berlangsung kondusif dan terlayani maksimal.

“Tidak ada antrian kendaraan di SPBU dan semua pelayanan berjalan lancar. Artinya, penurunan BBM belum berdampak terhadap masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, begitu juga dengan stok kebutuhan BBM di SPBU masih tercukupi setiap hari dan belum terjadi kekurangan stok BBM untuk semua jenis terkecuali Premium karena dibatasi oleh Pertamina diseluruh SPBU di Lampung, selain itu BBM jenis premium juga khusus untuk konsumen tertentu seperti petani, nelayan dan sebagainya. Perubahan harga beberapa jenis BBM di SPBU itu mengacu pada keputusan pemerintah pusat dan pertamina.

“Perubahan harga BBM apakah itu naik atau turun, tidak bisa dipastikan. Karena setiap saat bisa saja berubah sesuai keputusan dari pusat,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait