Harga Insektisida Meroket, Petani Sayuran Menjerit

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Para petani tanaman muda (hortikultura) Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, berharap harga sayuran mengalami kenaikan seperti yang dialami cabai dan Kopi. 

Harapan kenaikan harga tersebut, bukan semata-mata karena keinginan petani memperoleh keuntungan yang setinggi-tingginya, melainkan justru untuk menstabilkan harga sayuran dengan harga insektisida yang meroket. 

Seperti dicontohkan salah satu petani sayuran di Kecamatan Sekincau Ari Kusmiran, saat ini harga Labu Siam Rp800-1.000 per kilogram, Tomat Rp1.500-2.000/Kg, Kacang Buncis Rp2.500/Kg. Sementara harga Insektisida Rp135 ribu / 100 ML. 

Nah.. Kesenjangan harga insektisida untuk perawatan dengan harga jual sayuran sangat-sangat tidak sebanding lagi. Keadaan ini tentu sangat melilit petani yang tidak bisa tidak harus tetap membeli untuk kesuburan tanaman. 

Jika harga Cabai di pasaran Kabupaten Lampung Barat cenderung mengalami kenaikan, harga komoditas lainnya cenderung turun bahkan tidak sebanding dengan 

“Kami berharap kondisi ini yang terjadi ini menjadi upaya Pemkab Lambar melalui dinas instansi terkait dalam mengupayakan penyeimbangan harga jual hasil bumi dengan harga Insektisida yang beredar dipasaran,” katanya. (r1n/mlo)

Pos terkait