Harga Singkong Anjlok, Bupati Lamteng Arahkan Ekspansi ke Tebu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anjloknya harga singkong, ketersediaan pupuk, dan kerusakan jalan. Tiga hal ini menjadi salah satu keluhan yang disampaikan kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad ketika sidak di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura (Distan TPH), Selasa (2/3).

“Harga singkong sekarang ini anjlok. Akses jalan pertanian yang rusak juga menjadi salah satu penyebab anjloknya harga singkong. Habis di ongkos karena jalan rusak. Biaya angkut meningkat,” kata salah satu tenaga penyuluh.

Bacaan Lainnya

Belum lagi, kata dia, ketersediaan pupuk menjadi salah satu masalah di bidang pertanian. “Ada aturan baru, RDKK NIK harus sama dengan KTP. Petani kesulitan menebus pupuk di pengecer,” ungkapnya.

Menyikapi keluhan anjloknya harga singkong, Musa mengatakan harus ada ekspansi. “Saya minta Distan TPH juga ikut memberikan sosialisasi terkait bercocok tanam tebu. Terkait harga singkong, tangan pemerintah daerah tidak sampai ke sana. Ekspansi kita kedepan, kita kurangin (komoditas singkong, Red). Kita arahkan ke komoditas tebu,” katanya.

Kenapa komoditas tebu, Musa menyatakan di Lamteng ada tiga perusahaan gula. “Di Lamteng ada sekitar tiga perusahaan gula. Ke depan bagaimana caranya agar pola pembayaran bisa menguntungkan para petani. Masyarakat tanam, timbang, langsung bayar,” ucapnya.

Terkait jalan rusak, Musa menyatakan sudah menjadi program prioritas dirinya bersama Wakil Bupati Ardito Wijaya. “Insya Allah, tiga tahun kepemimpinan saya dan Mas Ardito Wijaya jalan sudah mulus semuanya,” tegasnya. (sya/mlo)




Pos terkait