Hari Kedua Pendaftaran PPK, Baru 22 Orang Serahkan Berkas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hari kedua penerimaan berkas pendaftaran perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pilkada Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) 2020, sejak Sabtu (18/1) hingga kini terdapat 22 orang yang telah menyerahkan berkas pendaftaran calon PPK ke sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesbar.

Komisioner KPU Pesbar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zairi Opani, mengatakan hingga hari kedua sejak dibuka pendaftaran PPK di Pesbar sudah ada 22 calon pendaftar, yakni pada Sabtu (18/1) sebanyak 16 orang pendaftar dengan rincian kecamatan Bangkunat dua orang, Ngaras empat orang, Ngambur tiga orang, Pesisir Selatan satu orang. Kemudian, Krui Selatan empat orang dan Pesisir Tengah dua orang.

Bacaan Lainnya



“Sementara untuk hari ini hanya ada enam orang pendaftar dengan rincian dari Kecamatan Ngambur, Ngaras, Pesisir Selatan, Krui Selatan masing-masing satu orang dan Karyapenggawa dua orang pendaftar. Kemungkinan hingga hari terakhir pendaftaran nanti jumlahnya akan terus bertambah,” katanya, Minggu (19/1).

Dijelaskannya, dalam perekrutan calon PPK itu, KPU Pesbar akan lebih teliti dan lebih berhati-hati mulai dari usia pendaftar, teliti terhadap calon yang masuk dalam partai politik (parpol), maupun teliti dalam berkas administrasi calon dan sabagainya. Sementara, mengenai tenaga kontrak Pemkab Pesbar yang akan mendaftar sebagai calon PPK hingga kini belum mendapat surat dari Pemkab terkait dengan apakah ada larangan atau tidak.

“Sehingga untuk tenaga kontrak yang akan mendaftar sebagai calon PPK itu sah-sah saja karena KPU membuka perekrutan calon PPK seluas-luasnya bagi masyarakat Pesbar,” jelasnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Pesbar Irwansyah, mengatakan, dalam perekrutan calon PPK untuk Pilkada Pesbar 2020 yang dilakukan oleh KPU Pesbar itu, pihaknya melakukan pengawasan langsung. Hal itu sebagai upaya agar dalam pembentukan badan adhoc tersebut benar-benar sesuai aturan dan berkualitas.

“Kami juga akan tetap mengawasi perekrutan PPK itu mulai dari penerimaan berkas pendaftaran hingga selesai. Selain itu kami tetap akan lebih teliti untuk mengawasi semua berkas calon PPK yang masuk,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait