Hari Pertama Bebas Penyekatan, Calon Penyebrang di Pelabuhan Bakauheni Membludak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hari Pertama pembebasan penyekatan, pemudik yang melaksanakan arus balik membludak di pelabuhan Bakauheni.

Ya, masyarakat yang ingin menyeberang dari pelabuhan Bakauheni menuju merak, lebih memilih hari ini (18/5). Sebab, pelarangan mudik lebaran telah selesai.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui, Pelarangan mudik lebaran ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No.13/2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021, Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, regulator telah menetapkan larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi penumpang untuk semua moda transportasi yakni moda darat, laut, udara dan perkeretaapian, dimulai dari tanggal 6 – 17 Mei 2021.

Ranto (46) Warga Jakarta barat mengatakan, pihaknya memilih menyeberang ke pulau Jawa hari ini, karena pemerintah sudah menyelesaikan penyekatan pemudik. “Ya kan hari ini sudah boleh menyeberang mas, makanya memilih hari ini,” ungkap Ranto, Selasa (18/5).

Pria asal pesawaran ini mengaku sekitar pukul 11.00 WIB sudah sampai ke pelabuhan Bakauheni. Namun, dikarenakan tidak memiliki surat rapid test, dirinya ikut mengantri agar mendapatkan surat tersebut.

“Sudah dua jam kami menunggu untuk Rapid test, tapi belum dipanggil-panggil,” ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan Rahayu (32) warga Tanggamus, pihaknya harus memilih menyeberang ke pulau Jawa, karena anak pertamanya berada di Tangerang. 

“Mau nggak mau saya harus kesana mas, karena anak saya sebelum penyekatan ikut neneknya ke Tangerang. Saya sudah kangen sama anak saya,” kata wanita yang sedang menggendong anak keduanya.

Terpisah, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan, membludaknya penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Jawa, dikarenakan hari ini merupakan hari pertama pembebasan penyekatan. 

“Iya, kami sudah prediksi akan ramai. Makanya kami mempersiapkan yang perlu kami persiapkan,” ungkap Shelvy.

Menurutnya, ramainya penumpang yang akan menyeberang ke pulau Jawa, dirinya memprediksi akan terjadi selama sepekan. Sebab, berdasarkan data yang ada, sejak tanggal 22 April 2021, ada sekitar 400 ribu orang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni.

“Nah, arus balik lebaran ini, baru sekitar 17 ribu orang yang menyeberang dari pelabuhan Bakauheni menuju merak. Artinya, ada sekitar 300 ribu an orang yang belum menyeberang. Makanya, selama satu pekan ini akan ramai penumpang yang menyeberang,” pungkasnya. (yud/mlo)


Pos terkait