Hari Pramuka ke-60, Kwarran Balikbukit Upacara – Tabur Bunga di TMP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat menggelar upacara dan tabur bunga di taman makam pahlawan (TMP) di Pemangku Tamannindah, Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Sabtu (15/8).

Kegiatan yang diawali dengan upacara yang diikuti dengan jumlah peserta terbatas itu dipimpin oleh Camat Balikbukit selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Edi Jaya Saputra, S.STP, M.Si, dan diikuti oleh Ketua Kwarran Balikbukit Drs. Junaidi Jamsari, M.M, serta sejumlah pengurus dan penggerak Pramuka Ranting Balikbukit.

Bacaan Lainnya

Ketua Mabiran Edi Jaya Saputra menuturkan, peringatan hari pramuka ke 60 ini dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah peserta yang terbatas sebagai langkah penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Kegiatan kita awali dengan upacara dan dilanjutkan ziarah kubur dan tabur bunga di makam pahlawan sebagai bentuk  penghormatan atas jasa perjuangan pahlawan yang telah gugur,” ujarnya.

Disamping itu, sesuai dengan tema peringatan hari pramuka ke 60, yaitu Pramuka berbakti tanpa henti. Dirinya juga mengajak seluruh anggota gerakan pramuka untuk terus  membantu memerangi penyebaran wabah Covid-19 mulai dari menjaga kedisiplinan protokol kesehatan, turut mengedukasi masyarakat tentang prokes serta berkontribusi melakukan upaya-upaya pencegahan lainnya.

“Peringati 60 tahun gerakan pramuka ini juga menjadi semangat untuk kita semua agar tetap bersemangat hidup sehat, mematuhi protokol kesehatan, dan tetap membantu mereka yang membutuhkan pertolongan kita” pesannya.

Sementara itu, Ketua Kwarran Balikbukit Junaidi Jamsari menambahkan bahwa dalam suasana pandemi saat ini, semua harus disiplin, menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi wabah Covid-19. 

“Walaupun sebenarnya Pramuka bukan merupakan organisasi sosial, tapi sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka harus tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan. Kegiatan berbakti itu bisa dilakukan dimana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, ia berharap dalam memasuki adaptasi kehidupan baru, anggota Pramuka dan masyarakat dapat menjadi jadi duta perubahan perilaku dengan memberikan contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar tetap hidup lebih sehat, disiplin prokes yang menjadi kunci untuk menanggulangi wabah Covid-19.(edi/mlo)


Pos terkait