Hari Raya Idul Adha, SMPN 1 Krui Kurban Dua Ekor Sapi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – SMPN 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memotong dua ekor sapi untuk kurban di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Sabtu (1/8).

Kepala SMPN 1 Krui, Wina Astuti, M.Pd., mengatakan bahwa pemotongan hewan kurban di SMPN 1 Krui ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya pada hari Raya Idul Adha.

Bacaan Lainnya



Pada perayaan Idul Adha kali ini SMPN 1 Krui kembali menyembelih hewan kurban sebanyak dua ekor sapi yang merupakan hasil sumbangan para dewan guru yang dikelola sekolah untuk berkurban.

“Alhamdulillah, tahun ini SMPN 1 Krui bisa kembali berkurban dengan memotong dua ekor sapi, mudah-mudahan tahun berikutnya dapat bertambah,” katanya.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban ini melibatkan pengurus OSIS serta seluruh guru maupun komite SMPN 1 Krui ini. Seluruh daging kurban yang disiapkan ini sekitar 180 bungkus yang dibagikan langsung kepada masyarakat yang ada disekitar lingkungan sekolah, siswa sekolah setempat yang merupakan anak yatim piatu, mantan kepala sekolah dan guru SMPN 1 Krui dan pihak terkait lainnya yang memang membutuhkan terlebih saat ini masih di tengah pandemi Covid-19.

“Kita berharap kegiatan ini juga dapat meningkatkan serta mempererat tali silaturahmi antara sesama guru maupun siswa dilingkungan sekolah setempat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pemotongan hewan kurban yang merupakan implementasi pembelajaran bagi para siswa, guru dan orangtua siswa terhadap makna berkurban ini juga diharapkan agar seluruh siswa dapat memetik dan mengambil hikmah yang terkandung dalam kegiatan ini.

Karena pendidikan berkurban itu bukan hanya disampaikan, tapi diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Karena berkurban merupakan bentuk ketulusan serta berniat untuk mencari ridho Allah SWT, terutama bagi yang telah mampu. 

“Untuk itu, mudah-mudahan kedepan pemotongan hewan kurban ini juga dapat membudaya di sekolah ini dan terus memberi contoh terhadap seluruh siswa sekolah terutama dalam membentuk dan membangun karakter siswa itu sendiri,” tandasnya.(yan/mlo)



Pos terkait