Hasil Pemutakhiran Periode April 2021, KPU Pesbar Catat 107.343 Pemilih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) rekapitulasi pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk periode April 2021 yang dilaksanakan di kantor KPU setempat, Senin (3/5).

Anggota KPU Pesbar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Marten Efendi, mengatakan bahwa pemutakhiran DPB oleh KPU Pesbar itu dilaksanakan setiap satu bulan sekali secara berkala. Hal itu sesuai surat edaran dari KPU RI No.336/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 perihal Perubahan Surat Ketua KPU RI No.132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Dalam surat edaran No.336/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021, itu juga ada perubahan pada angka 14, sehingga berbunyi KPU Kabupaten/Kota melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan per bulan,” kata dia.

Dikatakannya, hasil rekapitulasi itu disampaikan ke Partai Politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil setempat. Sedangkan, untuk rakor rekapitulasi DPB bersama stakeholder terkait dilaksanakan per tiga bulan sekali sesuai dengan perubahan surat edaran KPU RI tersebut.

“Sementara itu, dari hasil rekapitulasi pemutakhiran DPB untuk periode April tahun 2021 yang dilaksanakan ini juga telah ditetapkan sebanyak 107.343 pemilih yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesbar,” jelasnya.

Dijelaskannya, dari jumlah DPB yang telah dimutakhirkan tersebut dengan rincian jumlah pemilih yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 15 pemilih dan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) yakni meninggal dunia sebanyak 11 Pemilih.

 KPU Pesbar tentu berharap kepada masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan pemutakhiran DPB yang dilaksanakan oleh KPU tersebut. Mengingat kegiatan itu cukup penting dalam persiapan pelaksanaan pemilihan, sehingga kedepan bisa memiliki data pemilih yang lebih baik lagi. 

“Karena dengan pemutakhiran DPB yang dilakukan setiap bulannya itu tentunya bertujuan untuk mewujudkan daftar pemilih yang akurat, dan terupdate atau terkini,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait