Hasil Rapat Pleno, Pasangan WaRu Kurang 10 Dukungan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro telah menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro tahun 2020, pada Senin (20/7).

Dari hasil Rapat pleno yang digelar di Ballroom Hotel Aidia Grande, kepada pasangan perseorangan Dokter Wahdi-Qomaru Zaman (WaRu), didapat 11.422 dukungan yang memenuhi syarat.

Bacaan Lainnya



Diungkapkan Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama, dari hasil rapat pleno ini, dukungan yang memenuhi syarat pasangan WaRu 11.422 dari jumlah minimal dukungan pasangan perseorangan 11.432 dukungan. Sehingga pasangan tersebut kurang 10 dukungan.

Untuk itu, KPU memberikan waktu perbaikan bagi pasangan WaRu tersebut.

“Batas pengumpulan perbaikan kita tunggu dari 25 sampai 27 Juli malam,” ucapnya kepada Medialampung.co.id, Senin (20/7).

Dimana, minimal perbaikan dukungan adalah dua kali lipat dari jumlah kekurangan syarat dukungan.

“Boleh lebih, tapi perbaikan ini harus untuk pendukung baru, bukan yang telah masuk TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” ujarnya.

Septa pun mengungkapkan, pihaknya akan menunggu perbaikan dari pihak WaRu sampai 27 Juli,”Ya nunggu sampai 27 Juli malam, kalau gak datang berarti gak lanjut, kalau datang selanjutnya akan kita Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Faktual,” tuturnya.

Sementara, Mujib Ketua Bawaslu Kota Metro mengatakan, bahwa hasil pleno tingkat kota sudah sesuai dengan pleno tingkat kecamatan serta tidak ada perubahan.

Menurutnya semua sudah sesuai dan apa sehingga tidak ada temuan atau mengeluarkan rekomendasi yang lain. 

“Untuk kekurangan 10 dukungan itu kita berharap sesuai waktu yang ditentukan mereka sungguh-sungguh untuk memenuhi itu, dan untuk seluruh yang TMS sudah tidak diperkenankan diajukan lagi dan untuk PNS baik TNI/Polri juga tidak bisa diajukan,” katanya.

Terpisah, Liason Officer (L.O) WaRu, Efril Hadi berterima kasih kepada seluruh pihak baik KPU maupun Bawaslu dan bersedia memenuhi kekurangan tersebut.

“Atas apa yang disampaikan yang kita butuhkan hari ini sesuai dengan harapan kita ya tentunya kita mengucapkan terima kasih banyak yang setinggi-tingginya kepada KPU Bawaslu sehingga verifikasi ini bisa dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya pun menerima dengan baik serta mengucap Basmallah.

“Ya kita menerima hasil yang sekarang. Kekurangan 20, kita siapkan dan secepatnya kita serahkan ke KPU,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, pasangan Independen Wahdi-Qomaru (WaRu) menyerahkan dukungan ke KPU sekitar 12.382 dukungan, namun dari jumlah tersebut ada sekitar 960 dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sehingga total dukungan memenuhi syarat 11.422 dukungan.(pip/mlo)



Pos terkait