Hasil Rapid Test Puskesmas Gisting, Dua Orang Reaktif 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus menyatakan dua orang reaktif berdasarkan hasil rapid tes di Puskesmas Gisting. 

Kasi Imunisasi dan Surveilans Bambang Sutejo mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, keduanya warga yang ingin minta surat keterangan non reaktif untuk keperluan pergi keluar provinsi. 

Bacaan Lainnya



“Di Puskesmas Gisting ada dua reaktif, dan sudah kami tindaklanjuti dengan pengambilan sampel swab untuk tes PCR, sekarang masih menunggu hasilnya,” ujar Bambang.

Dengan hasil reaktif tersebut maka yang bersangkutan belum diberikan surat keterangan non reaktif untuk Covid-19. Dan kini terus dipantau serta diminta menjalani protokol kesehatan.    

“Meski nanti hasilnya belum tentu positif tapi kami sudah lakukan pencegahan dini. Itu yang terus kami lakukan dan harapannya masyarakat juga tetap jalankan protokol kesehatan,” ucap Bambang. 

Ia mengaku untuk orang yang membuat surat keterangan sehat sementara ini kisaran 100 sampai 200 orang. Ada sembilan puskesmas, lainnya RSUD Batin Mangunang, lalu di klinik swasta ada RSUD Panti Secanti, dan dua poliklinik lainnya. 

Sedangkan untuk pembuatan surat keterangan bagi pelajar, mahasiswa dan santri yang akan melanjutkan pendidikan ke luar provinsi, sampai sekarang tidak ditemukan yang reaktif.

“Kami bersyukur untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan santri tidak ada yang reaktif. Jika ada maka tetap ditangani lanjutan dan sementara belum bisa dikeluarkan surat keterangan sehatnya,” pungkas Bambang.(ehl/rnn/mlo)



Pos terkait