Hasil Tracking, 40 Warga Pesbar Berstatus OTG

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah tiga orang warga Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang merupakan santri di pondok Pesantren Temboro, Magetan, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit Coronavirus Disease (Covid-19), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesbar langsung bergerak cepat  melakukan tracking pada setiap warga yang pernah kontak dengan ketiga pasien tersebut. 

Berdasarkan data yang dihimpun melalui website Pemkab Pesbar, terdapat 40 orang yang termasuk dalam orang tanpa gejala (OTG), 40 orang tersebut tersebar di tiga Kecamatan, seperti Kecamatan Waykrui 37 orang, Kecamatan Pesisir Selatan dua orang dan kecamatan Krui Selatan satu orang.

Bacaan Lainnya



Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Lisma Yunita, S.St., mendampingi Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan penetapan status OTG untuk 40 orang tersebut karena mereka pernah melakukan kontak dengan pasien positif covid-19, namun untuk memastikan kondisi mereka akan dilakukan rapid test setelah tuhu hari hingga 10 hari masa isolasi. 

“Sekarang kita minta untuk melakukan isolasi mandiri, kita harap mereka tetap patuh dalam melakukan isolasi karena akan terus kita pantau, setelah tujuh hari hingga 10 hari akan kita rapid test semua,” kata dia. 

Menurutnya, semua warga yang berstatus OTG itu dalam kondisi sehat, tidak ada tanda-tanda terjangkit covid-19, begitu juga dengan tiga pasien positif itu, hal itu karena imun tubuh mereka kuat untuk melawan keberadaan virus itu.

“Ketiga pasien positif itu telah kita swab test lagi, dan akan dikirim ke Palembang untuk diperiksa lebih lanjut, kita harap hasilnya segera keluar dan dinyatakan negatif,” terangnya. (ygi/mlo)



Pos terkait