Hebat!!! Kebuntebu Raih Status Kecamatan ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat, bersama unsur pemerintahan pekon dan pemerintahan Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) patut bersyukur. 

Pasalnya, pada Kamis (5/11), satu target harapan yang selama ini diperjuangkan yakni menjadi kecamatan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) berhasil diraih, setelah selesainya tahapan Verifikasi oleh Tim Verifikasi ODF Provinsi Lampung. 

Bacaan Lainnya


Capaian sebagai kecamatan ODF tersebut, setelah Lima pekon yakni Sinarluas, Purajaya, Muarajaya II, Muarajaya I dan Ciptamula dinayakan layak ODF. 

“Alhamdulilah walaupun ada beberapa perlu perbaikan dan tinggal menunggu selesainya bukti fisik, Lima pekon ini mampu menyusul keberhasilan lima pekon lainnya, seperti Tribudi Syukur, Tribudi Makmur, Purawiwitan, Muarabaru dan Tugumulya, yang telah ODF sejak 2017 lalu,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Hendri Saputra, S.Kep.

Disebutkannya, dengan capaian ini, diharapkan Kecamatan Kebuntebu mampu mempertahankannya, karena kegiatan (pilar) yang lainnya masih akan dilaksanakan seperti pilar cuci tangan, pilar pengolahan air minum, pilar pengolahan sampah dan pilar limbah.

“Kedepannya dengan selesainya gerakan Lima pilar tersebut maka impian menuju Pekon Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tercapai),” harapnnya.

Camat Indrayani, M.Pd., menyebutkan capaian ODF tersebut menjadi salah satu langkah Bupati Lambar Hi Parosil Mabsus dalam mewujudkan Kabupaten Sehat. 

“ODF sebenarnya upaya dalam merubah perilaku masyarakat, yang dulu di bawah Tahun 2015 masih belum mengindahkan kebersihan dari BABS,” tegasnya.

“Dan apa yang baru saja diraih Kecamatan Kebuntebu, menunjukkan bahwa usaha dari seluruh elemen mulai dari uspika kecamatan, Puskesmas  TNI, Polri, Pekon dan masyarakat berjalan baik,” tandasnya. (rin/mlo)




Pos terkait