Hebat!!! SD-SMP di Sumberjaya Bumikan “Nyambai”

  • Whatsapp
Latihan nyambai SDN 1 Sukapura

Medialampung.co.id – Cukup hebat aktifitas yang dilakukan siswa-siswi SDN 1 Sukapura, bersama beberapa SD dan SMP di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Meski diketahui mayoritas siswa berasal suku Sunda dan Semende, Namun anak-anak setempat dituntun menekuni latihan seni budaya adat lampung seperti Nyambai.

Kepala SDN I Sukapura Umi Winarsih, M.Pdi., menyebutkan sebagaimana pepatah “Dimana Bumi di Pijak di Situ Langit di Junjung” itulah yang diterapkan sekolah itu. Meskipun mayoritas anak didik merupakan suku Sunda, tapi karena tinggal di tanah Lampung  maka diajarkan untuk memahami adat dan seni budaya suku Lampung diantaranya seni Nyambai.

Bacaan Lainnya



Karena itulah dalam latihan nyambai yang dilaksanakan setiap Senin, usai jam pelajaran formal tersebut masuk dalam pendidikan ekstrakulikuler (eskul). “Selain memberikan ilmu seni adat lampung, Latihan ini juga dalam rangka membumikan seni budaya daerah tradisional Lambar yang memiliki makna menjaga persatuan dan keselarasan tersebut,” katanya.

Lanjut Umi, selain latihan seni nyambai, siswa-siswi juga akan dikembangkan untuk mempelajari gamolan. Dan latihan itu tidak hanya diterapkan disekolah itu. Melainkan juga disekolah lainnya yang terbagi dalam Empat kelompok. Di antaranya  Kelompok I oleh SDN 1 Sukapura, Kelompok II oleh  SDN 3 Tugusari, Kelompok III oleh SDN 1 Waypetai, Dan kelompok IV oleh SDN Sindangpagar, dan tingkat SMP. Bekerjasama dengan kooridnator wilayah (korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumberjaya, bersama  Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S-SD). Hanya saja untuk SDN 1 Sukapura juga ada kegiatan seni lainnya yakni latihan teather. “Dengan kolaborasi latihan seni seperti ini anak-anak bukan hanya memahami seni asal adat-nya, melainkan banyak seni dapat diketahui,” ujar dia.

Terpisah, Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar Yulianto Nuzuli, S.Ip., mengapresiasi inisiatif SD dan SMP di kecamatan itu yang beredia melakukan latihan rutin, terjadwal dan dilaksanakan secara mufakat. “Kegiatan yang dilakukan beberapa sekolah di Sumberjaya ini, sebagai motifiasi bagi masyarakat Lambar untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan warisan seni budaya di era modern ini,” tegasnya.

Pihaknya sangat merestui ketika sekolah mengajak untuk berkerjasama dalam pengembangan pendidikan seni budaya. “Pemerintah saat ini bukan hanya memperhatian di bidang pendidikan saja, melainkan juga di bidang kebudayaan, karena itu dinas yang menaunginya disebut Disdikbud. Karena itu ayo kita berlomba-lomba munculkan ide baru di bidang seni budaya,” ajaknya.(ius/mlo)



Pos terkait