Heboh, Buaya Muara Muncul di Pinggir Pantai Marang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id — Masyarakat Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya dewasa ukuran besar yang menepi di pinggir pantai tidak jauh dari pelabuhan nelayan setempat, sekitar pukul 21.00 WIB, Minggu (26/7) kemarin.

Salah seorang nelayan setempat, Nuria, mengatakan berdasarkan informasi dari masyarakat setempat,  Minggu (26/7) sore atau menjelang Maghrib ada yang melihat seekor buaya di sekitar pinggiran pantai Melasti Pekon setempat. Tapi tidak lama kemudian buaya itu kembali masuk ke dalam laut.

“Kemudian, sekitar pukul 21.00 WIB, ada warga yang kembali melihat seekor buaya dewasa dengan ukuran besar itu menepi di pinggir pantai sekitar pelabuhan nelayan,” katanya, Senin (27/7).

Dikatakannya, saat muncul dan menepi di pinggir pantai berada tidak jauh dari pelabuhan nelayan di pekon Marang, buaya itu menjadi tontonan masyarakat yang penasaran ingin melihat langsung buaya tersebut.

Sebab buaya menepi ke pinggir pantai itu baru terjadi kali ini, mengingat sebelumnya tidak pernah ada. Sayangnya, kemunculan buaya di pinggir pantai itu tidak berlangsung lama, buaya itu kembali masuk ke dalam laut.

“Kemungkinan buaya itu merupakan jenis buaya muara, karena di sekitar pelabuhan nelayan diapit dengan dua muara yakni muara sungai Way Marang dan muara Way Ngambur,” jelasnya.

Masih kata dia, tadi pagi nelayan di wilayah ini juga masih memantau untuk memastikan keberadaan buaya itu namun tidak lagi terlihat. Meski begitu masyarakat dan juga nelayan setempat tetap akan terus memantau dan waspada karena dikhawatirkan buaya itu melukai masyarakat.

“Kita akan terus memantau untuk memastikan agar buaya itu tidak kembali ke pinggir pantai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah I Kabupaten Pesbar, Zulpikardo, S.P., mengatakan pihaknya belum mendapat informasi mengenai kemunculan seekor buaya muara di pinggir pantai di sekitar pelabuhan nelayan di Pekon Marang itu. Tapi, pihaknya segera melaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu terkait kemunculan buaya muara itu.

“Mudah-mudahan BKSDA segera menindaklanjutinya, masyarakat khususnya nelayan diharapkan tetap waspada dan berhati-hati terutama saat berada di pinggir pantai itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait