Heboh!! Seekor Buaya Muncul di Pantai Muara Tembulih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Pekon Muara Tembulih Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya muara dewasa ukuran besar dipinggir pantai muara tembulih, Rabu (2/9).

Peratin Pekon Muara Tembulih, Zafiddin, mengatakan bahwa di wilayah ini memang sering terlihat adanya buaya muara, karena memang dekat muara aliran sungai Way Tembulih.

Sedangkan, kemunculan seekor buaya muara yang ada di pinggir pantai di wilayah ini juga berasal dari muara Way Tembulih.

“Buaya yang muncul di pinggir pantai itu memang sempat menghebohkan masyarakat setempat, karena selain ukurannya yang besar juga sangat dikhawatirkan oleh warga setempat,” katanya.

Lanjutnya, terutama nelayan di wilayah ini jelas sangat khawatir dengan kemunculan buaya muara tersebut.

Karena itu pihaknya menduga bahwa buaya yang ada di muara Way Tembulih ini diperkirakan lebih dari satu ekor.

Sehingga pihaknya mengimbau kepada masyarakat terutama nelayan untuk tetap waspada, karena jelas hewan reptil tersebut sangat membahayakan.

“Karena banyak masyarakat yang sering melihat kemunculan buaya di wilayah ini, sehingga diduga itu lebih dari satu ekor. Mudah-mudahan segera ada perhatian dari instansi terkait,” jelasnya.

Masih kata dia, masyarakat maupun nelayan di wilayah ini juga sangat meresahkan dengan kemunculan buaya muara tersebut.

Pemkab setempat juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, sehingga keberadaan buaya di wilayah ini bisa ditangani dan tidak lagi meresahkan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari.

“Masyarakat juga khawatir dengan kemunculan buaya muara yang sering terjadi di wilayah ini juga akan berdampak terhadap hewan ternaknya,” katanya.

Karena, masih kata dia, bisa saja nanti buaya muara itu memangsa hewan ternak maupun hewan unggas warga setempat.

Sedangkan, untuk saat ini buaya muara yang sempat muncul di pinggir pantai Pekon setempat itu kini telah kembali masuk ke perairan pantai.

“Meki begitu setiap saat bisa saja buaya itu akan kembali muncul di pinggir pantai maupun di lokasi lainnya, ini jelas sangat membahayakan bagi masyarakat setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan dengan adanya kemunculan seekor buaya di pinggir pantai seperti di Pekon Muara Tembulih tersebut tentu diharapkan kepada nelayan untuk bisa lebih berhati-hati saat melaut, begitu juga dengan masyarakat setempat.

“Kita juga akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya dalam penanganan buaya muara yang meresahkan masyarakat tersebut,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait