Heri: Penegakan Disiplin Prokes Harus Bersifat Humanis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam penertiban pelaksanaan PPKM Level 4 dan penegakan disiplin untuk menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pringsewu, diharapkan dapat dilakukan dengan cara yang humanis.

Ini salah satu butir yang tertuang dalam himbauan pelaksanaan PPKM Level 4 di Kabupaten Pringsewu yang ditandatangani Sekretaris Daerah Heri Iswahyudi. 

Bacaan Lainnya

“Selain tetap bersinerg dengan jajaran TNI/POLRI, satuan Polisi Pamong Praja dalam rangka Penegakan disiplin protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat dengan mengutamakan langkah-langkah yang bersifat humanis,” jelas Heri. 

Kemudian juga mengedepankan cara persuasif, santun, serta dilarang menggunakan kekerasan yang berpotensi pelanggaran hukum.

Dalam surat No.180/116/U.01/2021 yang merupakan tindak lanjut Instruksi Gubernur Lampung tersebut juga memuat berbagai hal. 

Diantaranya kepala organisasi Perangkat Daerah terkait dihimbau untuk menindaklanjuti Instruksi Gubernur Lampung No.14/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kriteria Level 4 Covid-19 di Provinsi Lampung sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsi masing-masing.

Camat untuk melakukan pengawasan terkait Optimalisasi penekanan penyebaran Virus Covid 19 di tingkat Kelurahan dan Pekon. Seluruh pegawai agar melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait penerapan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Melaporkan hasil Tindak Lanjut Instruksi Gubernur Lampung No.14/2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 Covid-19 di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Pringsewu,secara tertulis kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah setelah tanggal 23 Agustus 2021.

Ditambahkan oleh wakil bupati Pringsewu Fauzi, masyarakat diminta memahami kondisi wabah yang sedang melanda kabupaten Pringsewu. 

Dia berharap gerakan segenap elemen agar terhindar serta peduli dengan siapapun yang terkena covid, gerakan tetangga peduli tetangga harus diutamakan.

“Jangan takut dan malu melapor jika merasakan gejala Covid-19,” pesan Fauzi.(sag/mlo)


Pos terkait