Herman HN Resmikan KBPU SPAM Bandarlampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kota Bandarlampung meresmikan proyek strategis nasional Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KBPU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung.

Jaringan KBPU SPAM yang dikerjakan PDAM Way Rilau dan sudah bisa dinikmati masyarakat Kota Bandarlampung tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Herman HN, Kamis (26/11).

Bacaan Lainnya


Hadir dalam peresmian Proyek SPAM dari Deputi Bidang koordinasi pengembangan wilayah dan tata ruang kementerian koordinasi perekonomian Dr. Ir. Wahyu Utomo, Pimpinan Perusahaan Aditya Tirta Lampung Ir. Djoko Sarwono, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Kota Bandarlampung, Kepala Sub Direktorat Penyiapan Kerja Sama Kementerian PUPR Dahlia Napitupulu serta Forkopimda setempat.

Deputi bidang koordinasi dari kementerian perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, pembangunan SPAM tersebut merupakan revisi dari proyek sebelumnya.

“Saat ini sudah ada 201 proyek dari 10 Program Pemerintah yang akan kita upayakan supaya bisa diselesaikan di 2024,” ucapnya saat Konferensi pers berlangsung.

Program KPBU SPAM Bandarlampung bertujuan untuk menyediakan air berkualitas dan sehat yang bisa langsung diminum setelah melalui proses sterilisasi

“Selain menyediakan air minum yang berkualitas bagi masyarakat, Proyek KPBU ini guna membangun infrastruktur air minum yang berkelanjutan,” ujarnya.

Wahyu juga mengutarakan jika proyek strategis KPBU SPAM Bandarlampung ini mempunyai 60 ribu sambungan atau setara dengan 300 ribu populasi yang nantinya bisa menikmati air minum dengan kualitas bagus serta berstandar internasional.

Lanjutannya, bahwa air minum ini merupakan hal penting bagi manusia sehingga dengan memiliki air bersih yang berstandar internasional ke depan ini juga akan menjadi kunci masuknya investasi di Provinsi Lampung khususnya Kota Bandarlampung.

“Harapan kita dibangunnya KPBU SPAM Bandarlampung yang merupakan salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) bisa membantu beban pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur dan daya saing khususnya kota Bandarlampung dalam menarik investor ke depan,” jelas Ir Wahyu Utomo

Air bersih adalah kebutuhan dasar manusia sehingga dengan hadirnya air minum bersih dari KPBU ini, dapat  mengurangi angka kesakitan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Lebih dari itu tujuan utama proyek ini yakni membangun infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan hal ini dibuktikan dengan KPBU SPAM yang usia akan lebih dari 25 tahun,” kata dia.

Ia pun mengapresiasi pemerintah daerah setempat beserta swasta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah bekerjasama dalam menyelesaikan salah satu proyek strategis nasional selama dua tahun ini.

“Dengan diresmikannya KPBU SPAM Bandarlampung ini membuktikan bahwa Provinsi Lampung memang cocok untuk investasi dan kami harap proyek dapat menjadi contoh untuk kota lainnya, karena kita menilai PSN di sini terbilang sukses,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Bandarlampung Herman HN mengatakan bahwa sambungan air minum bersih ini akan menjangkau ke seluruh wilayah kota ini sehingga instansi-instansi pemerintah pun dapat menggunakannya.

Dia pun mengajak masyarakat Bandarlampung untuk menghentikan membuat sumur bor karena sudah tersedia air minum bersih dari KPBU.

“Hernan menyarankan masyarakat untuk  hentikan pembuatan sumur bor jelas bisa merusak  lingkungan dan air tanah akan berkurang lambat laun.sekarang ini masyarakat bisa menikmati sambungan air dari PDAM  yang mengalir selama 24 jam,” tutup Herman HN.(*/mlo)




Pos terkait