Herman HN Resmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walikota Bandarlampung  Herman Meresmikan 1 unit Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Satu Atap di kompleks pemerintah Kota Bandarlampung, Kamis (3/12).

Herman HN menjelaskan, ADM tujuannya agar pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Kota Bandarlampung lebih lancar dan cepat serta akurat supaya masyarakat tidak lagi mengantri. 

Bacaan Lainnya


“Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan seluruh pelayanan  publik, sudah kita terapkan sejak 2014 di Dukcapil Bandarlampung gratis tanpa dipungut biaya, bahkan dokumen diantar ke rumah-rumah warga bersama petugas Kecamatan, Kelurahan, dan Satpol PP dengan dikoordinir Disdukcapil,” ungkap Walikota Herman HN.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bandarlampung Ahmad Zainuddin mengatakan, pelaksanaan pencetakan dan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil semuanya secara online sesuai Permendagri No.7/2019.

Saat ini mesin ADM yang berada di mal pelayanan satu atap dapat digunakan untuk langsung untuk mencetak kartu keluarga, KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), dan akta yang diperlukan

“Memasuki pilkada di masa pandemi seperti ini, apabila ada yang ingin mengurus berkas-berkas untuk kepentingan pilkada, mesin ADM ini sangat cocok dipergunakan untuk menghindari kerumunan agar terhindar dari ancaman pandemi Covid-19,” kata Zainuddin.

Lanjutnya, di masa pandemi, mesin ADM ini cocok untuk menghindari kerumunan agar terhindar dari ancaman pandemi Covid-19. 

Zainuddin juga menambahkan, untuk  mensukseskan Pilwakot Bandarlampung yang akan digelar 9 Desember, pihak Disdukcapil dengan KPU setempat akan bersinergi dalam bentuk  saling mendukung terhadap  hak pilih warga dengan menerbitkan E-KTP bagi mata pilih yang sudah memenuhi syarat. 

“Kami telah memperpanjang layanan dengan tetap buka pada Sabtu dan Minggu. Bahkan hingga tanggal 9 Desember 2020, untuk mendukung hak pilih, Disdukcapil akan buka mulai 07.30 WIB sampai jam 17.00 WIB, kita berikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk pilkada 2020,” pungkasnya.(*/mlo)




Pos terkait