Hindari Kesalahan Ini saat Memasak Telur

  • Whatsapp
Ilustrasi: Telur dikenal sebagai bahan yang bisa diolah beraneka ragam, tapi ada beberapa kesalahan yang perlu Anda ingat ketika memasak telur. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Medialampung.co.id – Telur, bisa Anda jadikan makanan yang baik untuk memulai hari. Kandungan protein serta nutrisi penting lainnya mampu menyiapkan tubuh untuk seabrek aktivitas. Cara mengolahnya pun terbilang ringkas tapi bisa dimodifikasi jadi beragam jenis masakan.

Baik telur mata sapi, telur orak-arik, lalu yang paling praktis adalah telur rebus, kerap jadi pilihan ragam olahan. Tapi secara umum, Nick Korbee dari Egg Shop berkata, kunci dari olahan telur adalah suhu.

Bacaan Lainnya



“Ini semua soal membangun percaya diri dalam kemampuan mengatur temperatur saat proses memasak,” kata Korbee mengutip dari Huffington Post.

Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa kesalahan dalam membuat ragam olahan telur.

1. Telur mata sapi

Beberapa hal ini mungkin sering Anda lakukan saat membuat telur mata sapi yakni, kuning telur terlalu matang, bagian putih kurang matang dan terlalu sering menggerakkan telur saat menggoreng.

Foto: morgueFile/pdalgarno

Frank Proto, direktur operasional kuliner di Institute of Culinary Education menyarankan untuk menggoreng dengan suhu rendah hingga medium. Gunakan butter untuk memberikan citarasa pada telur.

“Kadang orang sedikit grogi dan mulai menggerakkan telur. Sebaiknya dibiarkan saja,” kata Proto.

2. Telur orak-arik

Olahan scrambled egg alias telur orak-arik juga praktis dibuat. Namun orang kerap memasaknya terlalu lama sehingga agak gosong. Selain itu, telur kurang diaduk padahal namanya ‘orak-arik’.

Telur orak-arik yang sempurna seharusnya lembut, halus. Untuk mencapai ini tekstur tersebut sebaiknya telur tidak dimasak terlalu lama plus dalam temperatur sedang.

“Jangan pernah membuat telur orak-arik dalam suhu terlalu tinggi atau lupa mengaduk dan melipat,” kata Korbee.

Dia menambahkan, sebaiknya bubuhkan garam di akhir proses memasak. Garam, kata dia, akan menyerap kelembaban telur saat memasak di mana membuat tekstur telur jadi keras.



Pos terkait