Hingga Kini, Pelaksanaan PK21 di Waykanan Belum Sampai 50 Persen

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan pendataan keluarga 2021 (PK21) di Kabupaten Waykanan baru mencapai 46,69% atau 61.333 jiwa dari target 131.353 jiwa, berdasarkan rekap hasil pendataan keluarga sampai dengan 21 Mei 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yunada Atiek, S.E, melalui Sekretarisnya Andi Oktaviandi, Selasa (25/5). 

“Sebenarnya jadwal pelaksanaan pendataan PK21 dimulai sejak 1 April hingga 31 Mei 2021, namun sampai hari ini progres Pelaksanaannya di Kabupaten Waykanan baru mencapai 46,69%,” ujarnya. 

Lebih jauh menurut Andi, bahwa Program 5 tahun yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia tersebut hampir sama dengan sensus penduduk.

Namun, kalau sensus hanya mengambil data sebagai data pokok, Sedangkan PK21 ini ada pengambilan data primer yang bertujuan tentang tiga hal yaitu untuk kemajuan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana. 

“Pendataan keluarga juga untuk melihat perkembangan selama 5 tahun satu keluarga, dan mengetahui sejauh mana pembangunan dan kesejahteraan keluarga di Indonesia selama ini berdasarkan UU No.52/2009, sebagai pijakan dalam menentukan arah pembangunan keluarga kedepannya, dan pendataan PK21 ini dilakukan melalui 2 metode, yakni metode online (Android) sebesar 60% dan inilah yang mengalami kendala di server BKKBN Pusat dan terjadi kendala se Indonesia, Kalau pendataan keluarga dengan Metode manual (mengisi formulir Kuesioner) sebanyak 40% dan tidak mengalami Kendala, namun lambat dalam melakukan pendataan,” bebernya. 

Terkait mepetnya waktu pendataan, Andi menyatakan masih menunggu instruksi lanjutan BKKBN Pusat apakah ada arahan dan atau Kebijakan baru.(wk1/mlo)




Pos terkait