HKm Wana Lestari Pekon Gedungsurian Raih Penghargaan Terbaik dari Kementerian LHK RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Wana Lestari, Pekon Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) persembahkan kejutan yang sangat luar biasa untuk Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Barat khususnya di momentum HUT RI Ke-76, 2021.

Dengan menyabet penghargaan Juara Pertama tingkat nasional Kategori Pemegang Izin Usaha Perhutanan Sosial oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penyampaian penghargaan sebagai juara pertama tersebut disampaikan pada zoom Meeting, Kelompok HKm seluruh Indonesia dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

Ketua Kelompok HKm Wana Lestari Pemangku Airlempaung, Pekon Gedungsurian Suyanto, yang melakukan kontak langsung dengan pihak kementerian saat zoom meeting, menyampaikan terimakasih kepada kementerian khususnya Menteri Siti Nurbaya yang telah mempercayakan HKm Wana Lestari untuk menerima penghargaan ini tersebut.

Bahkan Suyanto mengakui tidak percaya atas anugerah tersebut. Dan sangat bersyukur atas capaian itu. “Kepada KPH II Liwa, pihak Provinsi Lampung dan terkhusus Aparat Pemerintah Pekon Gedungsurian yang telah berjasa besar kepada HKm Wana Lestari hingga meraih penghargaan yang luar biasa ini,” ungkapnya.

Kepada media juga ini Suyanto, mengulas HKm Wana Lestari terbentuk 2008, dimana prestasi yang diraih tak lepas dari keseriusan anggota kelompok dalam mengelola manajemen kelompok, seperti administrasi kelembagaan, kemudian dengan telah mengantongi izin hutan jadi terjaga, seperti air bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pekon, bahkan dimanfaatkan untuk mengairi areal sawah warga.

“Harapan kami semoga semua masyarakat pemegang izin HKm bisa bersama menjaga kelestarian hutan,” ujarnya. 

Di tempat lain Peratin Gedungsurian Boimin menyampaikan ucapan selamat kepada Kelompok HKm Wana Lestari atas prestasi gemilang tersebut. 

Disampaikan Boimin luas HKm yang dikelola Kelompok HKm Wana Lestari 70 Hektar, dimana selain air nya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat.

Keberadaan HKm itu juga, sebagai usaha kelompok seperti perkebunan kopi, yang diselingi dengan tanaman tanjuk tinggi, jenis buah-buahan mulai dari Durian, pinang, jengkol dan beberapa lainnya. Bahkan di dalam HKm tersebut masih terjaga Kayu Sonokeling. 

Boimin menyampaikan harapan sebagaimana harapan pemerintah Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera. (r1n/mlo)


Pos terkait