Hujan Deras, Bahu Jalan Penghubung Luas-Hujung Amblas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bahu Jalan tepatnya di tanjakan Waysemangka, penghubung Pekon Hujung, Kecamatan Belalau dengan Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis amblas, Rabu (27/5).

Akan tetapi, kondisi itu tidak membuat aktivitas masyarakat terganggu lantaran jalan masih bisa dilalui oleh kendaraan. Namun, sebagian masyarakat merasa khawatir bahu jalan yang amblas akan meluas jika tak segera ditangani.

Bacaan Lainnya



Peratin Hujung Ismet Liza, S.H., mengatakan kendati masih dapat dilalui, namun pihaknya khawatir akan kondisi itu jalan tersebut, sebab meski bahu jalan amblas hanya sepanjang sekitar 7 meter, namun pada bagian lainnya sudah mengalami keretakan karena tanah pada bagian bawah bahu jalan sudah kosong akibat tergerus air.

“Bahu jalan amblas sedalam sekitar satu meter dan panjangnya sekitar tujuh meter, tapi di bagian bahu jalan lainnya sudah gerowong karena tergerus air, sehingga waktu-waktu bisa bertambah amblas,” kata Ismet.

Kendati begitu, pihaknya telah melaporkan kondisi itu ke pemerintah kecamatan agar dapat diteruskan ke instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Dinas PUPR.

“Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah rencananya Jum’at (29/2) kami juga akan melakukan penanganan sementara dengan menimbun bahu jalan yang amblas,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa, kejadian jalan amblas baru pertama kali terjadi. Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama di tengah kondisi cuaca saat ini.

“Kita hanya bisa mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati,” kata dia.(edi/mlo)



Pos terkait