Hujan Deras, Saluran Air Ambrol Ancam Rumah Warga

  • Whatsapp
Foto Edi/mlo

Medialampung.co.id – Hujan deras yang menguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat dengan intensitas tinggi mengakibatkan sejumlah kerusakan pada lingkungan pemukiman penduduk, Sabtu (9/5) petang.

Di Pekon Sebarus, Kecamatan Balikbukit, tepatnya di Pemangku IV Tanjungbaru. Saluran pembuangan air sepanjang sekitar 8 meter ambrol setelah diterjang debit air yang deras.

Bacaan Lainnya



“Hujan yang berlangsung cukup lama ini mengakibatkan saluran pembuangan air ambrol, kondisi itu mengancam keberadaan rumah warga yang tak jauh dari lokasi,”terang Peratin Sebarus Melky Dafirzata.

Dia mengatakan, rumah itu berdiri tepat dengan lingkaran saluran air, sehingga diperkirakan kondisi tanah bangunan tersebut sudah menggantung akibat tergerus air.

“Posisi tanah di rumah itu juga kemungkinan sudah menggantung, kami khawatir jika tidak segera mendapat penanganan akan berdampak terhadap kerusakan yang lebih parah. Ditambah, selain rumah ada beberapa areal persawahan yang rusak akibat saluran air tersebut,”kata dia.

Sebetulnya, kata dia, pihaknya telah memprioritaskan pembangunan saluran air tersebut, namun ditengah pandemi covid-19, pembangunan batal lantaran harus dialokasikan ke bantuan penanggulangan.

“Sudah kami anggarkan tahun ini, tapi batal dibangun karena anggaran kita alihkan ke penanggulangan dan penyaluran bantuan ditengah wabah Covid-19,”imbuhnya.

Kendati begitu, pihaknya  akan melakukan penangan sementara sebagai langkah antisipasi dan bersifat darurat.

“Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan terjadi longsor yang lebih luas dan kami masih berkoordinasi dengan pemangku dan aparat pekon  untuk menentukan langkah penanganan sementara,”tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait