Husain :  Sekolah Kopi Jadi Harapan Baru Kemajuan Perkebunan Kopi Lambar

  • Whatsapp
Peratin Sumberalam Husain

Medialampung.co.id – Diresmikannya Sekolah Kopi Kabupaten Lampung Barat yang terletak di Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, oleh Bupati Parosil Mabsus Selasa (29/12)

Menuai banyak harapan dan apresiasi dari masyarakat Lambar yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani kopi robusta. 

Bacaan Lainnya


Diantaranya disampaikan Peratin Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, M. Husain. Peratin yang juga menggeluti usaha perkebunan kopi dan agen jual beli kopi tersebut, bangga atas inisiatif Pemkab Lambar melalui Bupati Parosil Mabsus dengan dibangunnya sekolah kopi.

Hal itu nilainya sangat-sangat sesuai dengan kehidupan masyarakat lambar sebagai petani kopi. Dan dikenalnya kabupaten tersebut sebagai kabupaten penghasil kopi robusta terbesar kedua seluruh Indonesia. 

“Harapan kami masyarakat, petani dan pengusaha kopi Lampung Barat. Sekolah Kopi ini membawa dampak yang baik, dengan tambah makmurnya para petani kopi lambar,” ungkapnya.

Begitu juga pemajuan penggiat usaha seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga pedagang yang bergerak dibidang usaha kopi. “Petani Makmur, Pedagang Makmur, Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” ujarnya. 

Sebelumnya dalam pidato saat peresmian Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus yang diberi sebutan Bupati Kopi tersebut berharap, dengan telah diresmikanya Sekolah Kopi dapat meningkatkan pengetahuan, sekaligus bidang pemberdayaan kopi di Lambar terutama oleh petani kopi.

“Program sekolah kopi merupakan program yang sangat inovatif,dan mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian,” tegasnya. 

Parosil juga menginginkan keberadaan Sekolah Kopi juga menghasilkan dan mendatangkan sumber pendapatan masyarakat Lambar. (rin/mlo)




Pos terkait