HUT Bhayangkara ke-74, Jajaran Polda Lampung Anjangsana ke Mantan Kapolda Lampung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74, Kapolda Lampung  Irjen Pol Purwadi Arianto, yang diwakili oleh Direktur Samapta Polda Lampung Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso, SH, M.H, melakukan anjangsana terhadap Purnawirawan Polri salah satunya ke Lamban Gedung Kepaksian Pernong, Rabu (2/7).

Kedatangan rombongan itu disambut langsung oleh Mantan Kapolda Lampung Tahun 2015 yang juga Sultan Sekala Brak yang dipertuan ke-23, Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjend Pol (Purn) Edward Syah Pernong, S.H., M.H, dan dihadiri Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Bupati Pesisir Barat DR.Drs HI. Agus Istiqlal, S.H, M.H, Wakil Bupati Lambar Drs. Hi. Mad Hasnurin, Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H, Dandim 0422/LB  Letkol Czi Beni Setiawan, ST.M.Han, Ketua DPRD,  Edi Novial, S.Kom, serta tokoh dan masyarakat adat di wilayah setempat.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya Bupati Hi. Parosil Mabsus menyampaikan ucapan selamat datang kepada jajaran Polda Lampung sekaligus ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-74. Sesuai dengan temanya, Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Kondusif. Parosil berharap Polri tetap teguh dan jaya untuk terus melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat di Provinsi Lampung dan secara khusus di Kabupaten Lambar.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Polres Lambar di jajaran Polda Lampung atas kerja kinerjanya dalam dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Parosil.

Menurutnya, berbagai kegiatan dilaksanakan institusi kepolisian mulai dari memberikan imbauan, edukasi, pendisiplinan masyarakat, hingga kegiatan sosial berbagi kasih dengan setiap elemen masyarakat di tengah pandemi covid-19 tentu patut mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya.

“Harapan kami, Polri, khususnya Polres Lambar ke depan dapat terus sukses  dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan di hari Bhayangkara membuat Polri menjadi kebanggaan masyarakat di bumi beguai jejama sai betik ini,” harapnya.

Sementara, Direktur Samapta Polda Lampung Kombes Pol Bambang Ponco Sutiarso, SH, M.H, atas nama Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, menyampaikan, ucapan terimakasih atas sambutan dari seluruh jajaran di kerajaan kepaksian pernong serta pemerintah daerah.

Kunjungan Anjangsana ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa Purnawirawan dan Warakawuri Polri, yang telah mengabdi kepada Institusi Polri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hari Bhayangkara ke-74.

“Sesuai dengan tujuannya kegiatan ini untuk membangun dan mempererat tali silaturahmi antar Polri yang masih berdinas aktif dengan Purnawirawan dan Warakawuri yang pernah berdinas di Polda Lampung, dan juga memohon doa restu agar Polri khususnya Polda Lampung dapat melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Ini sesuai tema Hari Bhayangkara. Yaitu Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif,” kata dia.

Sementara itu, Sultan Kepaksian Pernong SPDB Brigjend Pol (Purn) Edward Syah Pernong, mengawali sambutannya menyampaikan selamat datang kepada jajaran Polda Lampung di lamban gedung Kepaksian Pernong sekaligus ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-74, sebagai sultan Sekala Brak ia memperkenalkan beragam tradisi masyarakat adat di lampung.

“Anjangsana adalah kegiatan bermakna silaturahmi, dan melalui kegiatan mudah-mudahan senantiasa tercipta sinergitas antara Polri dengan tokoh masyarakat adat dalam menjaga situasi dan mengelola situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif,” ungkapnya. 

Lanjut dia, kegiatan ini tentunya memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang bisa diterapkan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat (kamtibmas). Seperti salah satu kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Lampung yaitu Anjau silau dalam rangka menciptakan harmonisasi antara polisi dengan masyarakat.

“Sebab, partisipasi tokoh masyarakat memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga situasi keamanan di wilayah masing -masing, karena tokoh masyarakat dapat memantau secara langsung kondisi masyarakat yang ada disekitarnya dan mengajak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban,” pungkasnya seraya berharap melalui kegiatan itu diharapkan semua dapat lebih mengenal sejarah sebagai wujud melestarikan budaya sehingga nilai-nilai kearifan lokal tetap terjaga. (edi/mlo)



Pos terkait