HUT Ke-76 RI, Rutan Krui Usulkan Remisi 147 Napi 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Krui, Kabupaten Pesisir Barat, telah mengusulkan 147 Narapidana (Napi) untuk mendapat remisi umum (RU) atau pengurangan masa tahanan, pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Rutan Klas IIB Krui, M. Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dadang Adi Patianum, mengatakan bahwa usulan untuk pemberian remisi umum HUT RI bagi napi itu telah disampaikan ke Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

“Meski yang diusulkan 147 napi,tapi kita tetap menunggu surat keputusan (SK) dari Pemerintah Pusat melalui Kemenkumham, terhadap jumlah napi yang disetujui untuk mendapat remisi,” katanya, Jumat (30/7).

Dijelaskannya, dari 147 napi yang diusulkan untuk mendapat remisi umum pada HUT Kemerdekaan RI ke-76 itu dengan rincian 77 napi diusulkan mendapat remisi satu bulan, 36 napi diusulkan mendapat remisi dua bulan. Kemudian, 28 napi diusulkan mendapat remisi tiga bulan, lima napi diusulkan mendapat remisi empat bulan dan satu napi diusulkan mendapat remisi lima bulan. Semua yang diusulkan itu hanya untuk Remisi Umum (RU-I).

“Sedangkan untuk RU-II (remisi bebas) tidak ada. Sementara itu, dari jumlah 147 napi yang diusulkan remisi tersebut juga termasuk satu orang napi kasus narkotika, sementara lainnya merupakan kasus tindak pidana umum seperti pencurian, pencabulan dan sebagainya,” jelasnya. 

Masih kata dia, dalam usulan remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-76 di tahun 2021 ini sama seperti sebelumnya. Artinya, dari Rutan Krui hanya sebatas mengusulkan jumlah napi yang akan mendapat remisi. Karena itu, pihaknya juga hingga kini belum bisa memastikan apakah usulan itu nanti ada perubahan atau tidak, mengingat saat ini masih menunggu penetapan SK Kemenkumham. Meski begitu mudah-mudahan tidak ada perubahan.

“Remisi atau pengurangan masa hukuman itu memang sangat diharapkan oleh para napi, dan yang telah diusulkan itu tentu sesuai dengan kriteria maupun aturan yang berlaku,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait