IAI Pesbar dan Lambar Gelar Workshop Aplikasi SIAp dan Rakercab

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Pesisir Barat-Lampung Barat menggelar sosialisasi dan Workshop Aplikasi Sistem Informasi Apoteker (SIAp) sekaligus rapat kerja cabang IAI Pesbar-Lambar, di Sartika Gues House, Sabtu (29/6).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah IAI Lampung Adriansyah, S. Si, Apt., Sekretaris PD IAI Lampung Novriansyah, S. Si, Apt., serta seluruh apoteker yang berasal dari Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Bacaan Lainnya



Ketua Pelaksana Bagus Heru Pradigdo, S.Si., Apt., mengatakan aplikasi SIAp merupakan aplikasi online yang digunakan sebagai instrumen pelayanan keanggotaan, informasi dan komunikasi bagi pengurus kepada anggota ataupun sebaliknya.

“Aplikasi SIAp mulai dikembangkan sejak 15 November 2018 lalu, yang diadopsi dari aplikasi yang dikembangkan oleh pengurus daerah IAI Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Dijelaskannya, Aplikasi SIAp merupakan bentuk realisasi dari poin penting yang tercantum di dalam AD/ART IAI, yakni mendorong pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada seluruh anggota.

“Aplikasi ini menawarkan sejumlah jenis pelayanan, mulai dari pendaftaran anggota, media sosial, rekomendasi, resertifikasi, laporan satuan kredit partisipasi (SKP), informasi kegiatan organisasi, dan regulasi terkait lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, melalui aplikasi SIAp, para anggota bisa merasakan beragam manfaat, seperti efiisiensi waktu, efektivitas proses pengisian formulir elektronik (e-filling), informasi yang up to date, praktik profesi, sosial media, dan ada feedback antar anggota.

“Melalui kegiatan ini kita menyampaikan informasi lengkap kepada seluruh rekan-rekan apoteker baik yang berada di Lampung Barat maupun Pesisir Barat, sehingga bisa paham dan mengerti tentang keberadaan aplikasi itu,” terangnya.

Sementara itu, dalam kegiatan rapat kerja cabang itu, kepengurusan cabang IAI Lampung Barat dan Pesisir Barat yang selama ini masih digabung, mulai di pisah dan ditentukan kepengurusan masing-masing pengurus cabang.

“Dalam kegiatan ini kita juga melaksanakan pemisahan kepengurusan IAI, jadi kepengurusan cabang IAI Lambar dan pesbar sudah ada masing-masing dan tidak lagi digabung, untuk Lampung Barat ketua IAI dijabat oleh Farida UPI, S. Si, Apt., dan Ketua Pengurus Cabang IAI Pesbar Virnalizi Afrianty Noor,” tandasnya. (yog/mlo)



Pos terkait