IDI Bandarlampung Dorong Pemkot Percepat Program Vaksinasi

  • Whatsapp
Ketua IDI Cabang Kota Bandarlampung, dr. Aditya M. Biomed

Medialampung.co.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bandarlampung mendorong pemkot setempat untuk melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19 dengan menyiapkan vaksinator atau sumber daya manusia (SDM) dan Vaksin Covid-19.

“Seharusnya pemkot sudah  disiapkan SDM, vaksinnya, sebelum menyiapkan sentra vaksinasi, daftarnya juga harus punya strategi sesuai kemampuan,” kata Ketua IDI Bandarlampung, dr. Aditya M.Biomed, di Bandarlampung ketika dihubungi, Senin (12/7).

Bacaan Lainnya

Pemkot Bandarlampung diminta melakukan perencanaan dan koordinasi yang baik dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terkait jalur distribusi vaksin Covid-19

“Mumpung masyarakat antusias sekali untuk divaksinasi. Mungkin jalur (distribusi vaksin) diperbaiki dulu,” ujar dia.

Aditya mengaku tidak mudah untuk menyiapkan jalur distribusi vaksin Covid-19 karena harus menyiapkan infrastruktur seperti lemari pendingin untuk cold chain atau rantai dingin agar menjamin mutu vaksin Covid-19 tetap terjaga.

Selain itu, SDM atau tenaga kesehatan yang disiapkan juga harus bersertifikat vaksinator.

“Dokter sekalipun nggak boleh menyuntik vaksin Covid-19 kalau tidak bersertifikat vaksinator,” tegas dia.

Menurut dr. Aditya akselerasi percepatan vaksinasi di Kota Bandarlampung juga bisa dilakukan bekerja sama dengan TNI/Polri.

Kedua institusi tersebut, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, diminta mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunitas dengan target sejuta vaksinasi dalam sehari.

“TNI/Polri, menurut saya, lebih disiplin. Vaksin Covid-19 TNI/Polri dipasok dari Mabes, seingat saya dari pusat agar target herd immunity tercapai secepatnya,” kata dia.

Pemerintah pusat menerapkan PPKM Darurat di Kota Bandarlampung 12-20 Juli 2021. Salah satu parameter penetapan PPKM Darurat adalah rendahnya capaian vaksinasi Covid-19.(jim/mlo)


Pos terkait