Idul Fitri 1440 H, Pengunjung Wisata Puncak Rest Area Menurun

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, SUMBERJAYA – Dibandingkan tahun sebelumnya, pengunjung tempat wisata puncak restarea, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengalami penurunan. Hal itu terpantau, bukan saja dari jumlah wisatawan yang datang tetapi dari jumlah kenderaan yang masuk.

Akan tetapi pengamanan dan pengawasan ketertiban tetap dilaksanakan baik oleh aparat kepolisan hingga pihak kesehatan yang mendirikan posko. “Pengunjung tahun ini menurun dari tahun kemarin, ini bisa kami pantau dari jumlah pengunjung dan kenderaan. Tahun kemarin kondisi lokasi macet karena banyaknya kenderaan yang masuk tapi tahun ini lebih stabil,” ungkap pengurus Rest Area Yamin.

Bacaan Lainnya



Pihaknya memprediksi menurunnya pengunjung, karena sebagian besar wisatawan lokal seperti dari Kecamatan Sumberjaya dan Waytenong, memilih merayakan idul fitri ditempat wisata lain seperti ke arah Danau Ranau dan Pantai Krui. “Mungkin faktor cuaca yang lumayan mendukung jadi warga banyak yang berwisata ke pantai dan danau,” katanya.

Yamin juga menegaskan, sebagai bentuk antisipasi agar kondisi Rest Area tidak mengalami kemacetan, petugas menerapkan satu jalur, dengan membuka jalur keluar sehingga setiap kenderaan yang masuk lokasi parkiran tidak sampai macet. “Belajar dari pengalaman kami tahun sebelumnya. Maka tahun ini kami buka satu jalur agar lalu lalang kenderaan lancar,” ujar Yamin.

Sementara dikatakan Heri Yanto, salah satu pengunjung asal Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) ketertarikan dirinya datang ke lokasi itu, karena desain lokasi yang cukup penarik, hijaunya lahan perkebunan kopi dan hutan terlihat sepanjang mata memandang. “Kalau saja dilokasi wisata ini ada dukungan wahana permainan tentu pengunjung restarea ini akan membeludak. Karena lokasinya yang strategis ditambah udara yang sejuk,” tandas dia.

Sedangkan lokasi eko wisata hutan pinusan Sumberjaya, terbilang normal seperti pada tahun sebelumnya. Hanya saja pengunjung dari luar kabupaten lebih banyak yang datang baik dari Kabupaten Lampura maupun Kabupaten Waykanan yang memang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut. Dilokasi itu juga berdiri Poskotis Polres Lambar. (rin/mlo)



Pos terkait