Ingin Dapat Bantuan Prakerja Rp3,55 Juta? Ini Syarat dan Ketentuannya

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medualampung.co.id – Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja kembali membuka pendaftaran program gelombang 12. Itu dilakukan mengingat tingginya minat masyarakat.

Untuk diketahui, program tersebut dihadirkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan lantaran terdampak pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya


Nantinya masyarakat yang mendaftar akan mendapat sejumlah insentif dapat digunakan dalam program pelatihan.

Dikutip dari net, tercatat 1.663 program pelatihan yang disediakan 153 lembaga pelatihan.

Apabila lolos, peserta akan mendapatkan insentif dari pemerintah Rp3,55 juta.

Rinciannya, uang bantuan pelatihan Rp1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp50.000 untuk tiga kali.

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp20 triliun untuk program tersebut.

Namun disisi lain, terdapat pengecualian bagi masyarakat yang sudah mendaftar di tahun 2020, tidak dapat kembali mendaftar di 2021.

Syarat mendaftar kartu prakerja, yakni merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Untuk mendaftar Kartu Prakerja, langkah pertama membuat akun Prakerja, login ke laman www.prakerja.go.id kemudian klik kolom ‘Daftar Sekarang’.

Selanjutnya masukkan data diri, masukkan nama lengkap, e-mail dan password. Kemudian cek e-mail akan ada notifikasi, mengarahkan untuk proses selanjutnya, yakni verifikasi. Apabila verifikasi akun telah berhasil, lanjut ke proses pendaftaran.

Cara mendaftar Kartu Prakerja yaitu login ke laman www.prakerja.go.id. Masukkan e-mail dan password yang digunakan untuk mendaftar.

Selanjutnya masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik ‘Berikutnya’.

Tuliskan data diri lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kerja, dan unggah swafoto dengan memegang KTP.

Setelah itu, pendaftar akan melalui proses tes  untuk menggali potensi serta kompetensi. Tes dimaksud berupa 18 soal yang harus dikerjakan dalam waktu maksimal 25 menit.

Soal yang diujikan berupa matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.

Penggunaan alat bantu, seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Setelah menyelesaikan soal, hasil tes akan dievaluasi. Pendaftar harus menunggu sekitar 5 menit, kemudian mendaftar akan menerima notifikasi hasil tes lolos atau gagal. Tapi apabila sudah 5 menit belum ada notifikasi, silahkan klik tombol refresh. (net/mlo)




Pos terkait