Ini Agenda Menparekraf Sandiaga Uno dalam Kunjungannya di Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Lampung Barat, berpusat di Kampung Kopi Rigisjaya Kecamatan Airhitam, Rabu (29/9).

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemkab Lambar Mazdan Bakri, SIP., mengungkapkan, kedatangan Menparekraf di Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut, sebagai tindaklanjut terpilihnya Kampung Kopi Rigisjaya dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik, pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 setelah melewati serangkaian tahap kurasi.

Bacaan Lainnya

”Yang selanjutnya Dewan Juri ADWI 2021 melakukan peninjauan dan penilaian langsung oleh yang dipimpin langsung bapak Menparekraf Sandiaga Uno. Pemerintah daerah telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan bapak Menparekraf tersebut,” ungkap Mazdan.

Dijelaskan, rangakaian kunjungan Menparekraf di Lambar yakni, tiba di Bandara Raden Intan II pada pukul 10.00 WIB dan akan disambut oleh tim Provinsi Lampung, lalu pada pukul 10.15 WIB langsung menuju Lambar, dan diperkirakan pada pukul 14.30 WIB tiba di pos pinusan Kecamatan Sumberjaya dan disambut oleh mobil Patwal dan pengawalan dari Polres Lambar dan Satpol-PP.

”Dalam agendanya, bapak Menparekraf pada pukul 15.00 WIB tiba di Kampung Kopi Rigisjaya, yang akan disambut dengan prosesi adat (arak-arakan), tari sembah batin dan nyambai bersama,” ungkapnya.

Kemudian pada pukul 15.30 WIB, akan dilakukan pemaparan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan peratin Pekon Rigisjaya yang berpusat di kawasan anjungan Rigisjaya, pada pukul 16.00 WIB meninjau Bazar ekonomi kreatif di halaman Balai Pekon Rigisjaya, meninjau pembuatan kriya (ecoprint dan tapis, celugam, kopiah pelepah pinang) di balai Rakyat, lalu meninjau galeri souvenir di Galeri Anjungan.

Pada pukul 16.30 WIB bapak Menparekraf dijadwalkan melakukan penanaman kopi di kawasan anjungan Rigisjaya, pada pukul 16.45 WIB meninjau pengolahan kopi hulu-hilir di pendopo besar kawasan anjungan Rigisjaya, pada pukul 17.00 WIB melakukan kunjungan ke Anjoengan Sedoeh serta freeconference yang juga di kawasan anjungan.

”Usai mengikuti serangkaian acara, bapak Menparekraf akan langsung kembali ke Bandarlampung yang juga akan melalui jalur darat,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemkab Lambar menargetkan Kampung Kopi Rigisjaya tembus ke posisi 10 besar program unggulan Kemenparekraf RI. Kampung Kopi Rigisjaya ini juga merupakan satu-satunya desa wisata di Lampung yang masuk dalam kategori ADWI 2021. (nop/mlo)


Pos terkait