Ini Daftar Peserta 10 Besar Lomba Pakai Masker-Dasi Kreasi Celugam

  • Whatsapp
Kepala Diskoperindag Lambar Yudha Setiawan, S.I.P

Medialampung.co.id – Celugam merupakan warisan budaya terkhusus untuk masyarakat Kabupaten Lampung Barat, serta menyikapi kondisi saat ini berada dalam masa pandemi Covid-19.

Pemkab Lampung Barat dalam hal ini Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-29 tahun menggelar lomba pakai masker dan dasi kreasi celugam.

Bacaan Lainnya



“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan menjadi peluang usaha bagi para pelaku UMKM, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam menggunakan masker. Hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM yaitu dengan membuat masker dengan motif  celugam,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Yudha Setiawan, S.I.P, Minggu (20/9)

Masih kata dia, motif dan corak celugam sangat bagus dan menarik, dicoba untuk dimunculkan pada dasi dan masker, dan ini juga merupakan salah satu peluang bagi pelaku usaha untuk dilakukan pada masa-masa seperti saat ini.

“Kita berharap dan sangat yakin pada para pelaku UMKM dapat memaksimalkan karyanya, disamping untuk melestarikan motif celugam juga untuk tetap eksis dan bertahan ditengah tengah pandemi Covid-19,” harapnya

Lebih jauh Yudha mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti lomba membuat dan memakai masker dan dasi dengan motif celugam sampai dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia yaitu untuk lomba  kreasi masker sebanyak 114 peserta dan untuk dasi 35 peserta yang berasal dari pegawai Perangkat Daerah, kecamatan, pekon,dan siswa TK.

Disamping itu juga diikuti oleh beberapa sanggar seni yang ada di Kabupaten Lambar, Bhayangkari Polres Lambar, unsur PKK, Darma Wanita Persatuan (DWP), perseorangan, masyarakat serta peserta lainnya.

Masih kata Yudha, sesuai dengan hasil penilaian tim juri lomba krendasi PM 2020, peserta yang masuk 10 besar ke grand final yaitu untuk lomba pakai masker yakni peserta No.24, 43, 51, 64, 72, 81, 101, 102, 105 dan 111. Sedangkan untuk dasi yaitu No Peserta 01, 08, 09, 11, 19, 21, 22, 23, 30 dan peserta No.32.

“Bagi peserta yang masuk 10 besar, kita undang untuk hadir besok di Aula BPKD untuk mengikuti grand final penentuan pemenang lomba kreasi pakai masker dan pakai dasi,” ujar dia.

Lanjut Yudha,bagi pemenang juara I, II dan III tidak perlu khawatir karena panitia telah menyiapkan hadiah  untuk masing-masing pemenang lomba kreasi pakai masker dan pakai dasi yaitu piagam dan dana pembinaan yaitu juara I Rp700.000, juara II Rp500.000 dan juara III sebesar Rp300.000.

Sedangkan kriteria penilaian yakni masker memenuhi standar protokol kesehatan, kesesuaian warna, serta kombinasi motif celugam bisa dikreasikan  dengan berbagai motif seperti motif Pipon, Puttut Manggus, Cumcok, Lalamban dan Kekeris.(lus/mlo)



Pos terkait