Ini Harapan Masyarakat Pringsewu dari Kunjungan Presiden Jokowi

  • Whatsapp
Baliho besar di jalinbar Pasar Pringsewu menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo untuk yang kedua kalinya ke kabupaten berjuluk Jejama Secancanan itu. - Foto Agus/mlo

Medialampung.co.id – Tak hanya sebatas meresmikan bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, kunjungan presiden Joko Widodo harapannya dapat membawa pengaruh ikutan bagi masyarakat.

Harapan akan adanya perhatian khusus dari orang nomor satu di Indonesia itu dikemukakan pengurus Front Pembela Indonesia (FPI) Andreas A. Menurutnya pembangunan bendungan Way Sekampung membawa berkah dari sisi pengelolaan wisata terlebih Pringsewu tak memiliki laut.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan Way Sekampung tak hanya untuk Pringsewu bahkan mampu menjadi pasokan air bagi kabupaten lain di Lampung. Manfaatnya begitu besar dan cukup membanggakan namun kedepan harapannya juga masyarakat dapat menikmati airnya. Perlu pemikiran dan tindak lanjut agar bendungan ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian Pringsewu yang selama ini kekurangan air,” pintanya.

Selain berterimakasih, tim aspirasi masyarakat pembangunan bendungan Way Sekampung, Darwis berharap membawa manfaat dari sisi pariwisata.

“Terimakasih Pak Presiden, bendungan Way Sekampung dapat selesai dengan sangat baik. Harapannya, karena Kabupaten Pringsewu dapat sisi manfaat dari pariwisata, maka ke depan pengelolaan pariwisata dapat melibatkan masyarakat,” pesannya.

Lanjut mantan ketua asosiasi pemerintahan desa (APDESI) itu, pengelolaannya melalui pekon pekon yang terdampak dari pembangunan bendungan Way Sekampung. 

Selain itu, menurut Darwis, masyarakat berharap agar Pemkab Pringsewu membangun akses jalan yang menuju potensi pariwisata.

“Terutama jalan jalan pekon yang sudah ada tapi kualitas jalannya belum baik/aspal/rabat beton,” harapnya. 

Sedangkan, selaku masyarakat yang ikut membidani lahirnya kabupaten Pringsewu Drs. Wanawir, MM., juga menaruh harapan besar atas kedatangan presiden. 

Menurutnya Pemerintah pusat perlu memfasilitasi terwujudnya destinasi wisata di bendungan tersebut yang berskala internasional. Terlebih masyarakat kabupaten ini secara substansial bagi para petaninya tidak menikmati hasil pembangunan bendungan untuk irigasi.

“Sehingga berefek ganda pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Pringsewu, hal ini penting untuk diperhatikan agar terjadi distribusi pembangunan ekonomi yang merata,” tandasnya. 

Dengan demikian, tambah Wanawir, masyarakat bisa merasakan hasil hasil pembangunan nasional khususnya manfaat bendungan Way Sekampung di Pringsewu.(sag/mlo) 


Pos terkait