Ini Penyebab Kebakaran di Penggawalima Ulu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Musibah kebakaran yang menimpa 12 rumah warga di Pekon Penggawalima Ulu, Kecamatan Karyapenggawa pada Sabtu (20/3) malam disebabkan oleh arus pendek listrik yang terjadi di rumah Hasan Safe’i, karena rumah terbuat dari kayu sehingga api cepat membesar.

Kapolsek Pesisir Tengah Kompol Muhidin., mendampingi Kapolres Lambar AKBP. Rachmat Tri Haryadi, S.Ik., M.H., mengatakan musibah kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh Abdul hafiz yang hendak keluar rumah di teras karena cuaca panas, kemudian saksi melihat ada api di atas atap rumah milik Hasan Safe’i dan langsung berteriak-teriak kebakaran.

Bacaan Lainnya


“Karena rumah Hasan Safe’i terbuat dari kayu sehingga rumah mudah terbakar dan merembet ke rumah yang lainnya,” kata dia.

Dijelaskannya, rumah Hasan Safe’i merupakan rumah tipe dua lantai yang terdiri dari material kayu baik lantai satu dan lantai dua, di lantai satu bawah banyak tumpukan kayu yang disimpan oleh pemilik.

“Dengan hitungan menit api terus merambat dari rumah Hasan Safe’i, menyambar rumah sebelah kanan milik Mat Genyor, dan rumah sebelah kiri milik M Kodri, kemudian api menyambar ke rumah Mat Nasir Sawer, Suntan Bangsawan,” paparnya.

Tidak berhenti disitu, api kemudian menyambar ke rumah bagian belakang milik Nur Aini, Efrizal, Zainur Basri, dan rumah Zawawi serta sejumlah rumah warga lainnya yang mengalami rusak ringan.

“Pemadaman api dilakukan secara manual dibantu oleh masyarakat menggunakan air yang diangkut menggunakan ember, sekira pukul 20.30 WIB, kobaran berhasil dipadamkan dengan bantuan kendaraan pemadam kebakaran, akibat musibah tersebut kerugian diperkirakan mencapai Rp2,5 Miliar,” ujarnya (ygi/mlo)




Pos terkait