Ini Penyebab Rontoknya Bunga Kopi Harus Diperhatikan Petani

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialamping.co.id – Guna mendapatkan hasil yang baik pada tanaman perkebunan kopi, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan petani. Artinya bukan sekedar melakukan perawatan yang rutin dan pemupukan yang maksimal.

Sebagaimana diungkapkan salah satu penggiat kopi Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Irawasyah Sakrani, satu hal penting yang harus diperhatikan petani dalam usaha kebun kopi yakni ketika kopi masuk masa pembungaan, yang menjadi cikal bakal buah. Dimana fase tersebut menjadi waktu yang betul-betul harus diperhatikan petani. 

Bacaan Lainnya



Dimana dari analisa pihaknya terdapat Sembilan faktor yang menyebabkan terjadinya kerontokan pada bunga kopi, seperti faktor cuaca, hujan dalam waktu yang lama, angin kencang, kekurangan air, kemarau panjang.

Kemudian perlu diperhatikan juga kelebihan pemupukan dengan nitrogen yang tinggi, kekurangan unsur-unsur hara P dan K. Tanah asam sehingga fosfor tidak tersedia bagi tanaman, serangan hama dan penyakit serta kurang mendapat sinar matahari. 

Menurut dia untuk mengatasi rontok bunga tersebut yang disebabkan sembilan faktor diatas petani harus jeli dengan melakukan tindakan, seperti mengusahakan agar tanah selalu lembab. Lembab dalam arti bukan becek dan tergenang.

Memberikan pupuk sesuai dengan fase tanaman yakni kala fase berbunga dan berbuah, dan jika dirasakan masih perlu diberikannya hormon buatan. 

“Hal ini harus diperhatikan, karena kopi bukan saja butuh perawatan dengan pemupukan tapi dengan memperhatikan kondisi cuaca dan tanah,” ujarnya.

Sekedar diketahui saat ini di Kabupaten Lampung Barat yang dikenal penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia sedang masa panen.

Setelah masa ini akan masuk masa pembungaan, artinya mulai saat ini petani harus menyiapkan apa yang mesti dilakukan agar bunga tidak mengalami kerontokan. (rin/mlo)



Pos terkait