Jabatan Dua Kepala OPD Waykanan Masih Kosong

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pasca pensiun dininya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Waykanan Drs. Ali Rahman, S.T., M.T., karena mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati, serta pensiunnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Waykanan Hi. Rudi Joko Kurnianto, S.H., menimbulkan pertanyaan kapan dilantiknya para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah tersebut, karena jika dibiarkan dikhawatirkan akan mengganggu pelaksanaan tugas kedua lembaga tersebut di masa mendatang. 

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Hi. Saipul, S.Sos., M.I.P., menjelaskan, pelantikan atau pergantian para pejabat yang kosong dan digantikan dengan pejabat sementara tersebut, sudah ada di dalam Undang-Undang No.10/2016 Pasal 71 Ayat 2. 

“Dalam Undang-Undang tersebut, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri. Itulah mengapa sampai sekarang belum ada pergantian untuk para pejabat yang telah pensiun,” ujarnya. 

“Kita Pilkada dan Pelantikan sekitar Bulan Februari lalu. Jadi sampai bulan Agustus kalau memang tidak ada pengajuan dari Bupati ke Kementerian Dalam Negeri, maka tidak akan ada pelantikan Pejabat,” lanjutnya. 

Masih menurut Hi. Saipul, bahwa penunjukkan atau pergantian pejabat tersebut bisa saja dijadikan lebih cepat kalau Bupati Kabupaten Waykanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M. mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri terkait pergantian pejabat atau Aparatur Sipil Negara. Namun sampai sekarang masih belum ada pengajuan apapun.

“Mungkin beliau ingin melakukannya sesuai dengan Undang-Undang. Jadi bisa kita perkirakan pergantian dan pelantikan para pejabat Pemerintah Kabupaten Waykanan dilakukan setelah Bulan Agustus nanti,” tutupnya. (sah/mlo)


Pos terkait